Sunday, March 11, 2012

REVIEW KAMUS METEOROLOGY

Akhirnya Ochan bisa memperkenalkan blog yang selama ini ochan damba-dambakan. hohohoho.... Kamus Meteorology merupakan blog yang ingin Ochan buat sejak lama. Blog ini udah lama dibuat sih, tapi baru sekarang bisa benar-benar diurusi. Blog ini Ochan gunakan untuk menampung materi-materi tentang meteorologi, klimatologi, dan geofisika (mengingat ke depannya aq berurusan dengan hal2 itu sampai pensiun). Selain itu juga ada beberapa info menarik tentang MKG. ke depannya juga akan ada review web untuk pembelajaran. Ok, review kita mulai dengan penjelasan tentang blog ini. 

Tuesday, March 6, 2012

CONTOH URUTAN TAKSON : MACAN DAHAN (NEOFELIS NEBULOSA)

Contoh urutan takson macan dahan??? pasti bertanya-tanya, kenapa mesti urutan takson macan dahan dan apaan sih macan dahan itu. Macan dahan punya nama ilmiah Neofelis nebulosa. Nah, sama seperti macan-macan lainnya, macan dahan punya kekerabatan dengan kucing. Macan dahan adalah sejenis kucing berukuran sedang, dengan panjang tubuh hampir 1 meter.
Kalau melihat sekilas ke Macan dahan, hewan ini terlihat seperti macan pada umumnya. tapi kalau kita lihat penampakannya lebih teliti, macan dahan memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan gambaran seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Bintik hitam di kepalanya berukuran lebih kecil dan terdapat totol putih di belakang telinga. Macan dahan mempunyai kaki pendek dengan telapak kaki besar serta ekor panjang dengan garis dan bintik hitam.

Mau tahu lebih lanjut? ini dia contoh urutan takson macan dahan

CONTOH URUTAN TAKSON : BADAK JAWA (RHINOCEROS SONDAICUS)

Contoh urutan takson badak jawa bakal bikin kita sedikit peduli dengan alam. Mengapa? badak jawa merupakan salah satu species yang mau punah. semoga kita-kita dan generasi penerus yang lain ikut menjaganya yah, biar badak jawa gak punah. ok, sekarang kita lanjut ke urutan takson badak jawa.

Badak jawa atau Badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya.

CONTOH URUTAN TAKSON : BUAYA SUNGAI NIL (CROCODYLUS NILOTICUS)

Urutan takson Buaya sungai nil adalah urutan takson berikutnya yang ochan pilih. kenapa? sebenernya sih karena iseng aja. mumpung ini merupakan salah satu reptil yang sangat buas, ga ada salahnya kan kalau kita lihat urutan takson untuk si buaya sungai nil ini.

Buaya sungai Nil (Crocodylus niloticus) adalah salah satu dari empat spesies buaya yang dapat ditemui di Afrika dan spesies buaya terbesar kedua. Buaya sungai Nil dapat ditemui di kebanyakan Afrika dan pulau Madagaskar. Buaya sungai Nil dapat, dan kadang-kadang akan dengan mudah menangkap dan menelan manusia. Karena buaya ini tidak ditangani agar tidak punah, populasi spesies ini di banyak negara rawan hilang.

Monday, March 5, 2012

CONTOH URUTAN TAKSON : AYAM (GALUS GALUS)



Setelah contoh urutan takson lutung natuna, sekarang kita ambil urutan takson dari salah satu aves (burung) yang terdekat dengan kita, yaitu urutan takson ayam. Kemarin kita sudah banyak membahas urutan takson tumbuhan, sekarang kita mulai dengan urutan takson hewan.

Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus) adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan (selanjutnya disingkat "ayam" saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai ayam bekisar.

Sunday, March 4, 2012

CONTOH URUTAN TAKSON : NANGKA (Artocarpus heterophyllus)


Ini dia Contoh urutan takson nangkaNangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.
Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1-4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5-25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Oke, ngelanturnya sampai di sini, kita langsung lihat contoh urutan takson nangka

CONTOH URUTAN TAKSON : JAGUNG (ZEA MAYS)

Contoh urutan takson jagung sekarang dimunculkan. Urutan takson itu emang penting di biologi. kalau mau buat urutan takson hewan dan tumbuhan seluruh dunia, satu buku aja belum tentu cukup. Untuk sementara ini Ochan ngasi urutannya untuk 5 tumbuhan aja deh dulu.urutan takson yang lain besok aja. Kita beralih ke contoh urutan takson jagung.This is it :...

CONTOH URUTAN TAKSON : KELAPA (COCOS NUCIFERA)

Contoh urutan takson berikutnya adalah kelapa. Setelah contoh urutan Takson padi dan contoh urutan takson kentang, sekarang kita menginjak ke contoh urutan takson kelapa. Kelapa juga banyak di Indonesia.
Kelapa (Cocos nucifera) adalah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. oke, sekarang ke TKP : contoh urutan takson kelapa



CONTOH-CONTOH URUTAN TAKSON TUMBUHAN DAN HEWAN

CONTOH URUTAN TAKSON : PADI (ORYZA SATIVA)

Urutan takson dari padi. ini dia salah satu urutan takson tumbuhan monokotil. Ini salah satu jawaban dari request urutan takson tumbuhan dan hewan. setelah urutan takson kentang dan urutan takson lutung natuna, Kita coba Padi ya... 

Saturday, March 3, 2012

KEKUATAN GIGITAN TYRANNOSAURUS REX (T REX) SEPULUH KALI GIGITAN BUAYA MODERN

T-rex man! ada yang ga kenal dinosaurus yang satu ini ngga? pasti semuanya kenal T-rex dong. T-rex alias Tyrannosaurus rex merupakan dinosaurus yang terkenal dengan kebuasannya. Saking terkenalnya, tivi-tivi sering menampilkannya sebagai predator terkuat dari jaman dinosaurus. Kekuatan Tyrannosaurus rex terletak pada gigitannya fren, makanya dikenal sebagai si gigi tajam. Ochan sempet baca dari nationalgeographic.com tentang gigitan Tyrannosaurus rex, kita lihat beritanya yuk. ini dia : "kekuatan gigitan Tyrannosaurus rex merupakan kekuatan gigitan terkuat di atas daratan"

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU