Sunday, March 4, 2012

CONTOH URUTAN TAKSON : JAGUNG (ZEA MAYS)

Contoh urutan takson jagung sekarang dimunculkan. Urutan takson itu emang penting di biologi. kalau mau buat urutan takson hewan dan tumbuhan seluruh dunia, satu buku aja belum tentu cukup. Untuk sementara ini Ochan ngasi urutannya untuk 5 tumbuhan aja deh dulu.urutan takson yang lain besok aja. Kita beralih ke contoh urutan takson jagung.This is it :...

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Kerajaan : Plantae

Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas : Monocotil
Subkelas : Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Zea
Spesies: Z. mays
Nama binomial : Zea mays ssp. mays L.

Finish deh urutan takson Jagung-nya. lihat yang lain juga ya, klik Contoh urutan takson hewan dan tumbuhan

1 comment:

  1. Wah... Bantu banget nih artikelnya. Oh ya, kalo dilihat dari tingkatan taksonominya, kesamaan jagung sama padi apa ya? visit back thanks

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU