Monday, March 5, 2012

CONTOH URUTAN TAKSON : AYAM (GALUS GALUS)



Setelah contoh urutan takson lutung natuna, sekarang kita ambil urutan takson dari salah satu aves (burung) yang terdekat dengan kita, yaitu urutan takson ayam. Kemarin kita sudah banyak membahas urutan takson tumbuhan, sekarang kita mulai dengan urutan takson hewan.

Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus) adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan (selanjutnya disingkat "ayam" saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai ayam bekisar.


Dengan populasi lebih dari 24 miliar pada tahun 2003, Firefly's Bird Encyclopaedia menyatakan ada lebih banyak ayam di dunia ini daripada burung lainnya. Ayam memasok dua sumber protein dalam pangan: daging ayam dan telur.


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Galliformes
Famili : Phasianidae
Genus : Gallus
Spesies : G. gallus
Subspesies : G. g. domesticus
Nama trinomial : Gallus gallus domesticus

Finish deh urutan takson nangka-nya. lihat yang lain juga ya, klik Contoh urutan takson hewan dan tumbuhan

5 comments:

  1. kak,nama binomial dan trinomial tu apa?

    ReplyDelete
  2. saya M Ryan Hidayat .. terima kasih atas info nya (y) mempermudah tugas saya .. SMP Negeri 1 Kuningan

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU