Tuesday, April 7, 2009

CABANG-CABANG BIOLOGI

Akhirnya bisa mengumpulkan lebih dari 100 cabang biologi. Berdasarkan permintaan-permintaan dan doa dari pengunjung, ochan akhirnya mengumpulkan semuanya. Tapi sekali lagi, mungkin saja masih ada cabang-cabang biologi lagi yang belum terdata di sini. jika ada yang mengetahuinya, bisa usul sehingga bisa menambah daftar cabang biologi di sini.

Biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya bahan kajian biologi, biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu. Beberapa cabang-cabang ilmu biologi antara lain :

1. Acarologi, ilmu yang mempelajari tentang acarina (tungau)
1. Agronomi, ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya
2. Algologi, ilmu yang mempelajari tentang alga
3. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh
4. Anatomi Perbandingan, ilmu mengenai persamaan dan perbedaan anatomi dari makhluk hidup.
5. Anestesiologi, disiplin ilmu yang mempelajari penggunaan anestesi.
6. Apiari, ilmu yang mempelajari tentang lebah termasuk ternak lebah
7. Arachnologi, ilmu yang mempelajari tentang laba-laba.
8. Artrologi, ilmu yang mempelajari tentang sendi (penyakit sendi)
9. Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri
10. Bioinformatika, ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis
11. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
12. Biologi Reproduksi, cabang biologi yang mendalami tentang perkembangbiakan
13. Biokimia, kajian biologi yang mempelajari kimia makhluk hidup
14. Biofisika. cabang ilmu biologi yang mengkaji aplikasi aneka perangkat dan hukum fisika untuk menjelaskan aneka fenomena hayati atau biologi
15. Biogeografi, cabang dari biologi yang mempelajari tentang keaneka ragaman hayati berdasarkan ruang dan waktu
16. Biostatistika, (gabungan dari kata biologi dengan statistika; kadang-kadang dirujuk sebagai biometri atau biometrika) adalah penerapan ilmu statistika ke dalam ilmu biologi
17. Bioteknologi, cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
18. Botani, Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
19. Bryologi, ilmu yang mempelajari tentang lumut
20. Dendrologi, ilmu yang mempelajari tentang pohon maupun tumbuhan berkayu lainnya, seperti liana dan semak
21. Dermatologi, ilmu yang mempelajari kulit dan penyakitnya
22. Ekologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbale balik antara makhluk hidup dan lingkungannya
23. Epidemiologi, ilmu yang mempelajari tentang penularan penyakit
24. Embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
25. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
26. Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
27. Etnobotani, ilmu yang mempelajari hubungan manusia dan tumbuhan
28. Etnozoologi, ilmu yang mempelajari hubungan manusia dan hewan
29. Etologi, cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya
30. Eugenetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
31. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang
32. Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim
33. Farmakologi,ilmu yang mempelajari obat-obatan, interaksi dan efeknya terhadap tubuh manusia
34. Fikologi, Ilmu yang mempelajari tentang alga.
35. filogeni, kajian mengenai hubungan di antara kelompok-kelompok organisme yang dikaitkan dengan proses evolusi yang dianggap mendasarinya
36. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
37. Fisioterapi, Ilmu yang mempelajari tentang pengobatan terhadappenderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot
38. Fitopatologi, cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari penyakit tumbuhan akibat serangan patogen ataupun gangguan ketersediaan hara
39. Gastrologi, ilmu yang mempelajari tentang salurang pencernaan, terutama lambung dan usus
40. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
41. Genetika kuantitatif, Cabang genetika yang membahas pewarisan sifat-sifat terukur (kuantitatif atau metrik), yang tidak bisa dijelaskan secara langsung melalui hukum pewarisan Mendel
42. Genetika molukuler, cabang genetika yang mengkaji bahan genetik dan ekspresi genetik di tingkat subselular (di dalam sel)
43. Genetika , cabang genetika yang membahas transmisi bahan genetik pada ranah populasi
44. Ginekologi, ilmu yang khusus mempelajari penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita (rahim, vagina dan ovarium)
45. Genomika, ilmu yang mempelajari tentang bahan genetik dari suatu organisme atau virus
46. Harpetologi, ilmu yang mempelajari reptilia dan ampibia (ular dan kadal)
47. Hematologi, ilmu yang mempelajari darah, organ pembentuk darah dan penyakitnya
48. Histologi, ilmu yang mempelajari tentang jaringan
49. Higiene, ilmu yang mempelajari tentang kesehatan makhluk hidup
50. Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari tentang ikan
51. Imunologi, Ilmu yang mempelajari tentang sistem kekebalan (imun) tubuh
52. Kardiologi, ilmu yang mempelajari tentang jantung dan pembuluh darah
53. Karsinologi, ilmu yang mempelajari tentang crustacean
54. Limnologi, ilmu yang mempelajari tentang rawa
55. Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang molusk
56. Mamologi, ilmu yang mempelajari tentang mammalia
57. Metabolomika, kajian dalam biologi molekular yang memusatkan perhatian pada keseluruhan produk proses enzimatik yang terjadi di dalam sel
58. Mikobiologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
59. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism
60. Miologi, ilmu yang mempelajari tentang otot
61. Mirmekologi, ilmu yang mempelajari tentang rayap
62. Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organisme
63. Nematologi, ilmu yang mempelajari tentang nematod
64. Nefrologi, cabang medis internal yang mempelajari fungsi dan penyakit ginjal
65. Neurologi, Ilmu yang menangani penyimpangan pada sistem sara
66. Organologi, ilmu yang mempelajari tentang organ
67. Onkologi, ilmu yang mempelajari tentang kanker dan cara pencegahannya
68. Ontogeni, Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari zigot menjadi dewasa
69. Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
70. Osteologi, ilmu yang mempelajari tentang tulang
71. Oftalmologi, ilmu yang mempelajari tentang mata ( penyakit mata )
72. Palaentologi, Ilmu yang mempelajari tentang fosil
73. Paleobotani, ilmu yang mempelajari tumbuhan masa lampau
74. Paleozoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan purba
75. Palinologi, ilmu yang mempelajari polinomorf yang ada saat ini dan fosilnya, diantaranya serbuk sari, sepura, dinoflagelata, kista, acritarchs, chitinozoa, dan scolecodont, bersama dengan partikel material organik dan kerogen yang terdapat pada sedimen dan batuan sedimen
76. Parasitologi, ilmu yang mempelajari tentang parasit
77. Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
78. Patologi anatomi, ilmu yang mempelajari kelainan struktur mikroskopik dan makroskopik berbagai organ dan jaringan yang disebabkan penyakit atau proses lainnya
79. Patologi Klinik, ilmu yang mempelajari kelainan yang terjadi pada berbagai fungsi organ atau sistem organ
80. Pediatri, ilmu yang mempelajari masalah penyakit pada bayi dan anak
81. Philogeni, Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhlukhidup
82. Primatologi, ilmu yang mempelajari tentang primata
83. Proteomika, kajian secara molekular terhadap keseluruhan protein yang dihasilkan dari ekspresi gen di dalam sel.
84. Protozoologi, ilmu yang mempelajari tentang protozoa
85. Psikiatri, ilmu kedokteran jiwa
86. Pteridologi, ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan pak
87. Pulmonologi, ilmu yang mempelajari tentang paru-par
88. Radiologi, ilmu untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi geombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik
89. Reumatologi, ilmu yang ditujukan untuk diagnosis dan terapi kondisi dan penyakit yang mempengaruhi sendi, otot, dan tulang
90. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetis
91. Rodentiologi, ilmu yang mempelajari tentang rodentia
92. Sitologi, ilmu yang mempelajari tentang sel
93. Sanitasi, ilmu yang mempelajari tentang lingkungan
94. Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup
95. Teknik Biokimia, cabang ilmu dari teknik kimia yang berhubungan dengan perancangan dan konstruksi proses produksi yang melibatkan agen biologi
96. Teratologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan formasi dari sel, jaringan, dan organ yang dihasilkan dari perubahan fisiologi dan biokimia.
97. Toksikologi adalah pemahaman mengenai pengaruh-pengaruh bahan kimia yang merugikan bagi organisme hidup.
98. Transkriptomika, bagian dari biologi molekular yang mengkaji tentang produk transkripsi secara keseluruhan (transkriptom)
99. Urologi, cabang ilmu kedokteran yang mencakup ginjal dan saluran kemih pada pria dan wan ita baik dewasa dan anak serta organ reproduksi pada pria
100. Virologi, ilmu yang mempelajari tentang virus
101. Zoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan

Jangan lupa lihat juga cabang-cabang ilmu fisika

169 comments:

  1. Wahhh..... Makasih ya sudah tukaran link dengan ku.

    ReplyDelete
  2. Izin Fbnya saya add yawh..

    Salam kenal...

    Jangan lupa berkunjung OK.....

    ReplyDelete
  3. adinda annisa madaniAugust 11, 2009 at 8:55 PM

    makasii..
    ini ngebantu ak ngerjain pr ..
    thanks..

    ReplyDelete
  4. daftar cabang-cabang biologinya kurang lengkap, harap bisa dilengkapi

    amir, 24-08-09

    ReplyDelete
  5. Thanks Bgt niee Ilmu nya , tugas ku jadi selesai nieee ^^

    ReplyDelete
  6. thanks ya buat ngerjain tugas nih ..
    hohooho

    sheibieberdud

    ReplyDelete
  7. haha selese juga tugasnya

    ReplyDelete
  8. makasi info'na...
    ini sangat sangat sangat membantu... thank you

    ReplyDelete
  9. TERIMA KASIH...
    oh ya jika ada anak SMALA malang yg mau copy paste ini... coba cari yang lain aja ya... supaya gak kembar hahahaha :D...

    MAHENDRA MANIKO SAE

    ReplyDelete
  10. thanks banget ya buat infonya tentang cabang cabang ilmu biologi. berguna bgt buat urusan sekolah gue. :)

    ReplyDelete
  11. thankz bgt buat infonya, ini berguna bgt.. :)

    ReplyDelete
  12. ko (mikologi) gx adha ceh wah gx lengkap ney

    padahal gw butuh bgt tuh sssssaaaatttttuuuuuu lagi

    ReplyDelete
  13. Thank you ya... tugas ane jadi selesai... :)

    ReplyDelete
  14. thax yaaa

    tugas q jdi sLesay dekch...............

    ReplyDelete
  15. Makasih buat infonya
    Tugas selesai deh ;D

    ReplyDelete
  16. Huh

    akirnya PR ku siap yeassssssssssss

    ^_^

    ReplyDelete
  17. pr siap diluncurkan gan.

    makasih gan pr ane selesai

    ReplyDelete
  18. emm,,
    bisa dilengkapi lagi tidak.?
    sepertinya ini kurang lengkap ..

    ReplyDelete
  19. Thank's kkak .. ‼

    bisa lengkap lagi kagak ?

    ReplyDelete
  20. nomor 29 dan 50 sama om........

    ReplyDelete
  21. terima kasih,,udah selesai dah ni PR

    ReplyDelete
  22. makasih.. bantuin teman aku kerjain PR..

    ReplyDelete
  23. lumayan buat tambahan di LKS^^

    ReplyDelete
  24. gan.. msih kurang tuhh.. kta guru gw ada 100.. klo bsa komplitin yhh bro

    ReplyDelete
  25. sorry, lom smpt ngelengkapin, krg beralih ke kuliah meteorologi alna. nati 2 klo ad wkt dey

    ReplyDelete
  26. tolong dijelaskan tentang pembagian bidang bidangnya yaa, sekaran saya sedah membutuhkannya

    ReplyDelete
  27. gmna yyaa...kurang lengkap,nih tapi gak apa2 ngbantu juga kok sebagian...untuk kedepannya lebih lngkap lg...oh...iya bagi anak R-SMA-BI 1 lubuk alung klo liat link ini jgn sm yaa...cari sendiri ok...anak smanla...(cuma brcanda)lumayan lah untuk mnyelsaikan tugas pr kuu...walaupun sdikit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya butuhnya brp kk? udah 100 lebih gitu kok kurang...............

      Delete
  28. mkasieh ka yg buat blog ini,,,
    tugas sekolah pun terbantu,,
    hhe

    ReplyDelete
  29. @Riant : Thankz ..
    Buat ngerjain prr aku
    butuhnya cuma 25 tapi disini ada buanyak banget ...

    ReplyDelete
  30. sangat membantu PR ku :D
    makasih :)

    ReplyDelete
  31. andy : thankz
    buat ngerjain pr saya
    butuhnya 25 tapi di sini ada 50

    ReplyDelete
  32. makasih ea karna telah mmbantu aq buat pr

    ReplyDelete
  33. wahh.,,makasih,yaaa
    ngbantu bwt tgz q..ne :D

    ReplyDelete
  34. veii stefanatic tomodachiJuly 25, 2011 at 6:55 PM

    thankz yach buat info tentang cabang-cabang biologi

    ReplyDelete
  35. Thank you very much.....i like it,and i'm glad.good......

    ReplyDelete
  36. Sangat mmbantu tugas saya :))Terimakasih

    ReplyDelete
  37. PR gua selesai :)) makasih !! BERES

    ReplyDelete
  38. seep... pertamax diamankan!!! copas mode on!

    ga ribet deh nyari kesono sini, udah buanyak.. 50 lebih dari cukup.

    thanks bgt!

    ReplyDelete
  39. Hello gw Silvi... PR gw beres nih... :D
    sering2 share tentang pelajaran yaah...
    thanks alot yah..

    ReplyDelete
  40. Makasih banget yah, om ...
    makasih ilmunya ...

    ReplyDelete
  41. Wuaaa makasih banyak ya :D Ini ngebantu banget buat Peer aku ^w^ Sekali lagi makasih banyaak ^^

    ReplyDelete
  42. thank you so much aku jadi bisa ngerjain pr dech !!

    ReplyDelete
  43. huuh,, pe.rr ku uddah beres nich gak perlu susah" cari disini ada.thanks bngett :)

    ReplyDelete
  44. thanks bgt ya info cabang2 biologinya :D

    ReplyDelete
  45. Keke Novia YulianaJuly 27, 2011 at 2:52 PM

    thanks ya udh bantu pR aq... sebenarnya bnyk banget disuruh buat cabang biologi tp disini sudah ada....thanks banget....

    ReplyDelete
  46. thanks ya udh bantu pr gw
    mantap dechhh,,,
    tp q kelebihan tu
    abis diminta cuma 40 cabang biologi kokh
    hihihi ,,,,,,

    ReplyDelete
  47. thanks ya ini bnget ngebantu gua ngerjain tugas

    ReplyDelete
  48. alhamdulillah, makasih banyak. tugaas gua selesai deh

    ReplyDelete
  49. berguna banget nii..
    pr ku udh selesai..
    maakasih ats infonya=)

    ReplyDelete
  50. thankz yo..
    pr adek gw jd selesai dech..

    ReplyDelete
  51. karena banyak permintaan, artikel ini sedikit diupdate, kalau ada yang mau nambahin, silahkan ya... itung2 bantu2 banyak orang yang membutuhkan informasi ini

    ReplyDelete
  52. Thanks nih dengan ini saya bisa banyak tahu tentang biologi dengan mudah :)

    ReplyDelete
  53. TKS NIH, DENGAN INI SAYA TELAH TERBANTU DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH

    ReplyDelete
  54. Thanks yya berkat info ini aku bisa ngerjain PR Biologiku

    ReplyDelete
  55. thx ya,.. lumayan bisa ngejawab PR Biologi ^^

    ReplyDelete
  56. makasiii yaach,,kl ada tamba lagii:))

    ReplyDelete
  57. makasih yah, buat tugas biologi nih :3

    ReplyDelete
  58. thx banget y... pr gw bsa selesai jdiny....

    ReplyDelete
  59. sumpah top bgt. thank's ya! tugas biologi gue selesai deh hahahaha

    ReplyDelete
  60. wah makasih banget. tugas biologi aku jd selesaai :))

    ReplyDelete
  61. makasih,,,BOS TUGAS,.,.,ane dah selesai 8|

    ReplyDelete
  62. makasih bantu bgt:)
    kalo karsionologi mempelajari tentang krustasea, krustasea itu apa?
    thanks..

    ReplyDelete
  63. makasih bgt ini udah cukup ngebantu
    nb: meskpun sama guruku disuruh 100 cabang lebih..
    hehe azmac raifawh

    ReplyDelete
  64. sudah ditambah jadi 101 cabang biologi

    ReplyDelete
  65. oh dah ditambah hehe..
    holtikultura nggak masuk tah??

    ReplyDelete
  66. keknya itu bukan cabang ilmu dey, itu istilah untuk sebuah kegiatan.. kan dah ada agronomi

    ReplyDelete
  67. dechh trlalu pnjamg eung,,,,,,,,,,:)

    ReplyDelete
  68. wah makasi ya , nie memebantu bgt ..
    tpi guru saya agak kejam jadi saya harus cari 80 cabang biologi yg lain ..

    sekali lagi terimakasih sudah membantu ..

    ReplyDelete
  69. Makisih banget. Susah-susah nyari di buku, disini ada seratus

    ReplyDelete
  70. @dewzz : manknya gurumu minta berapa??? gila amitt

    ReplyDelete
  71. tq bozzz PR selesai Guru Senang...

    ReplyDelete
  72. Kak,, numpang nanya,, Kalo Ekofisiologi n Ekotokfisiologi itu tntang ap yah??

    Mohon bntuanx kak,,

    By : Niny

    ReplyDelete
  73. Thx gan, Mantap buat tugas :D

    ReplyDelete
  74. artikel yg cocok untk bantu tugas q, makasii :)artikel yg cocok untk bantu tugas q, makasii :)

    ReplyDelete
  75. Jehan Fauziah AnnisaSeptember 10, 2011 at 7:59 PM

    makasii yaa , linknya udah bantuin semua pr aku ...
    mudah2an bermanfaat bagi semua ... :)

    ReplyDelete
  76. thankz yea...??
    udh ngebantu aku ngerjai PR..?? :)

    ReplyDelete
  77. chalisah utami ningsihSeptember 11, 2011 at 8:26 PM

    kyakx kurang deh itu cabang"x...
    mohon di tambah lagi yea lw ada..??

    tp neh udh cukup ngebantu aku ngerjai tugas deh..

    makasi yea..??? :)

    ReplyDelete
  78. plajaran biologi memang mengasyikkan

    ReplyDelete
  79. Tugas Selesai! terima kasih! :D

    ReplyDelete
  80. TQ YA,..
    SELESAI JADINYA pr SAYa

    ReplyDelete
  81. MAKASIH BANGET PR CEPAT SLESAI. NGEBANTU AYE BUAT UTS

    ReplyDelete
  82. sangat berguna terimakasih :)

    ReplyDelete
  83. Hafshoh Nursyofiah HarunSeptember 30, 2011 at 6:10 AM

    sebutkan secara berurutan 6 langkah metoda ilmiyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Observasi(pengamatan), mendefinisikan informasi, mangemukakan masalah, membuat hipotesis(dugaan sementara), membuat percobaan, memberi kesimpulan, menolak dan memperbaiki hipotesis, dipublikasikan. Jadi kalau keseluruhan yang ada di bukuku bukan 6, tapi umumnya 6

      Delete
  84. bagus banget trims buat pendiri terus berjuang, :D ilmunya bermanfaat bagi saya yang mau olimpiade nasional 2011 {bisa gak carikan sekalian soal olimpiade biologi 2011}

    ReplyDelete
  85. thank you verry much ya buat artikel nx.........
    pr q jadi cepet selesai nih pokok nya terimakasih yg banyak yah........ :)

    ReplyDelete
  86. yes thanks for helping me biology homework

    ReplyDelete
  87. makasih banyak yaa.. :)

    ReplyDelete
  88. kyknya msih ada yg kurang de...akuakultura mana?

    ReplyDelete
  89. thanks ya infonya ;) izin copas :)

    ReplyDelete
  90. so useful! now my homework is completed! tehe

    ReplyDelete
  91. wah..ini sih lebih dari yg kuharapkan....makasih banyak ya...

    ReplyDelete
  92. kalo cabang-cabang biologi yang berkaitan dengan flu burung apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. msh ada lg yaitu :
      enzimologi = enzim
      viscerologi = organ dalam
      pomologi
      fenologi
      Genetika sel (sitogenetika)
      o Genetika molekular
      o Genetika Mendel
      o Genetika populasi
      o Genetika kuantitatif
      o Genetika perkembangan
      o Genetika evolusionar
      Biokimia
      o Teknik biokimia
      * Biofisika
      * Bioinformatika
      * Biostatistika/Biometrika
      * Biogeografi
      * Agronomi
      * Ilmu tanah
      * Fitopatologi
      * Ilmu gulma
      * Hortikultura
      * Ilmu pemuliaan
      * Ilmu produksi ternak
      * Ilmu kehutanan
      o Ilmu budidaya hutan (agroforestri)
      o Konservasi sumber daya alam
      * Ilmu perikanan
      * Ilmu kedokteran hewan (veteriner)
      * Ilmu kedokteran
      * Astrobiologi / Eksobiologi
      * Bioteknologi
      materi referensi:
      o Rekayasa genetika
      o Teknologi enzim
      o Teknik bioproses
      * Sejarah biologi
      by : kenshi budhi saputra di SEMARANG

      Delete
  93. kurang 1 lagi enzimologi
    ilmu yang mempelajari tentang enzim

    ReplyDelete
  94. thank ya ka artikel nya cock untuk nanti senin ,,biasa tugas

    ReplyDelete
  95. Chaerly_Friendly@yahoo.com
    No hp : 085296272030
    Nama : Charlyani
    Kelas : X 1

    Thanks Yae Ntux Info Nya, Q jdi gX Tkut Kna Hkum Dech

    bEcauSe Me udAH Ngerjain Tgas Q

    ReplyDelete
  96. thanks udah bantu buat pr

    ReplyDelete
  97. .thanxs alot yaw :)

    ReplyDelete
  98. mau tanya donk. cabang biologi yg mempelajari tentang kucing, dan tentang penyakit hidung apa? trus cabang biologi yang mempelajari tentang paru" apa sudah termasuk ke dalam penyakit hidung?

    ReplyDelete
  99. bilogi sel, ekofisiologi,ekologi molekuler, biologi udara, oseanografi gak ada -_-

    ReplyDelete
  100. Terima kasih atas infonya, semoga mendapat pahala yang setimpal dan dapat membantu orang banyak.

    ReplyDelete
  101. Sumpah bnyk bgt cabang - cabang ilmu biologi.a tpi gpp lah udh membantu tugas :)

    ReplyDelete
  102. 노무노무 고마워용 언니아~!! :3
    Aku tugasnya selesai dah.. !!

    SMAN 101 JakBar, Choi.

    ReplyDelete
  103. good2,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  104. Makasih, bantuin pr. Tapi g ku co-pas semua. Soalnya tulis tangan. Kalau iya, mati dah gw T-T

    ReplyDelete
  105. Sankyuu... tlah menambah ilmu BIO k jd luas........
    #CoPas dulu

    ReplyDelete
  106. Makasih nya PR aku sudah kelar :D :)

    ReplyDelete
  107. thanks banget y
    very exelent :D

    ReplyDelete
  108. http://www.youtube.com/watch?v=Shnu__NJ5Wo
    Video terkocak gan wajib nonton....

    ReplyDelete
  109. thanksssss, tugasnya kelar juga dengan adanya ini :''')

    ReplyDelete
  110. makasih banyak ats ilmunya, pr ku jdi selesai..

    ReplyDelete
  111. COBA DONG PEMEKACAN MASLAH BIALOGINYA MELALUI CARA YG ILMIA

    ReplyDelete
  112. bidang terapannya jg donk??

    ReplyDelete
  113. makasi bgt ya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :):):););):D

    ReplyDelete
  114. makasih ya...,atas rangkumannya. akhirnya tugasku selesai jga...,
    hhhheeeee

    By : MELIYA SEPTIANA

    ReplyDelete
  115. wach.....,lengkap bgt., makasih ya atas ilmunya.., q jadi tau dech cabang" biologi tu apa ajh...,
    sekali lagi muakasih buanyak ya,,,,,,,,,,,,.


    By: GADIZT SELANG

    ReplyDelete
  116. Akhirnya tugas selesai~ tapi kalau bisa lebih bagus juga kalau dibuat atau dibagi cabang2 ilmu biologinya dalam ilmu murni atau terapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. TERIMA KASIH udh bantu aku ngerjakan tugas biologi . tpi ada yg lebih lengkap ge gk .

      Delete
  117. makasih yyy atas cabang2 biologinya...........
    :)

    ReplyDelete
  118. makasiih atas postingan ini, ini udah bantu aku untuk mengerjakan tugas :)

    ReplyDelete
  119. kalo ilmu tentang pencemaran tu ada nggak ya gan? thx

    ReplyDelete
  120. thanks ya atas informasinya. jadi bermamfaat buat saya :)

    #izin copas ya

    ReplyDelete
  121. makasih ya, PR aku tentang ini udh slesai nih

    ReplyDelete
  122. waaahhh, terimakasih jd bisa ngerjain tugas :3

    ReplyDelete
  123. bapil.item71@yahoo..comSeptember 4, 2012 at 12:05 PM

    ty banget makasiya

    ReplyDelete
  124. thanks buat infonya.
    membantu sekali buat tugas biologiku. :)

    ReplyDelete
  125. ada yg tau gak knp jambu air lbih manis di daerah panas dari pada daerah dinginn...
    .trus knpp durian thailand lebihh enkk dan berukuran besar tolong bntuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada daerah panas, tanahnya mengandung lebih sedikit air, jadi konsentrasi gula di dalam jambu air lebih besar, makanya manis

      Delete
  126. thanks gan tugas gw akhirnya selese juga haha

    ReplyDelete
  127. Terimakasih buat Mbak Octa Veani, sangat membantu ini :)

    ReplyDelete
  128. THANKS ngebantu banget :)

    ReplyDelete
  129. Terima kasih :) membantu ~

    ReplyDelete
  130. thank you very much! this in very helpful to me.. :D

    ReplyDelete
  131. makasih banyak ya tentang mata pelajarannya, dngan adanya inie tugasq slesai dech.......

    thanks yaaaa.....

    ReplyDelete
  132. terima ksih banyak yha akhirnya tugas aku selesa jga deh.....


    thank you

    ReplyDelete
  133. timakasih ilmunya sudah mau dibagi

    ReplyDelete
  134. akhirnya pr gua kelar juga, thanks !

    ReplyDelete
  135. Makasih untuk ilmunya... Sangat membantu.. Untuk saya

    ReplyDelete
  136. Sebelumnya Saya Berterima Kasih Yang Sebesar - Besar Nya Kepada Pembuat Blog Ini. Blog Ini Sangat Membantu Saya Dalam Mengerjakan Semua Tugas - Tugas Saya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  137. Terimakasih kepada admin yang sudah share artikel ini, saya mau bookmarks dulu

    ReplyDelete
  138. Terima kasih. Bermanfaat buat review. Izin share http://dvanet.blogspot.com

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU