Saturday, March 3, 2012

KEKUATAN GIGITAN TYRANNOSAURUS REX (T REX) SEPULUH KALI GIGITAN BUAYA MODERN

T-rex man! ada yang ga kenal dinosaurus yang satu ini ngga? pasti semuanya kenal T-rex dong. T-rex alias Tyrannosaurus rex merupakan dinosaurus yang terkenal dengan kebuasannya. Saking terkenalnya, tivi-tivi sering menampilkannya sebagai predator terkuat dari jaman dinosaurus. Kekuatan Tyrannosaurus rex terletak pada gigitannya fren, makanya dikenal sebagai si gigi tajam. Ochan sempet baca dari nationalgeographic.com tentang gigitan Tyrannosaurus rex, kita lihat beritanya yuk. ini dia : "kekuatan gigitan Tyrannosaurus rex merupakan kekuatan gigitan terkuat di atas daratan"

Selain sebagai karnivora terbesar yang diketahui di darat, Tyrannosaurus rex juga memiliki gigitan yang paling kuat dari setiap hewan yang pernah diketahui, diungkapkan oleh sebuah penelitian terbaru.

Banyak kebijaksanaan konvensional tentang spesies dinosaurus yang paling terkenal di dunia ini telah dipertanyakan di beberapa tahun terakhir. misalnya, apakah memiliki panjang 40-kaki (sepanjang 12-meter), apakah Spesies Tyrannosaurus rex dapat bekerja bersama atau hanya dalam satu kelompok atau sendirian. 

Untuk melihat bagaimana kuatnya  Tyrannosaurus rex (T. rex) mampu menggigit, biomechanicists terlibat dalam penelitian baru menggunakan laser scanner untuk mendigitalkan tengkorak Tyrannosaurus rex remaja dan dewasa. Tim kemudian menggunakan model komputer untuk merekonstruksi otot rahang dinosaurus dan menganalisis kinerja gigitan.
Model menunjukkan bahwa Tyrannosaurus rex dewasa mampu kekuatan gigitan maksimum 35.000 sampai 57.000 newton pada gigi belakang. Hasil penelitian ini empat kali lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya dan sepuluh kali lebih kuat daripada gigitan buaya modernTyrannosaurus rex (T. rex), yang punah sekitar 65 juta tahun lalu, "mungkin hidup dengan reputasinya sebagai penggigit ganas," kata pemimpin studi Karl Bates, seorang ahli anatomi komputasi di Universitas Liverpool di Inggris. 

T. Rex Tidak Cocok untuk Megatooth?

Meskipun T. rex mungkin memiliki gigitan yang paling kuat dari setiap hewan darat, itu tampaknya memudar  jika dibandingkan dengan hewan prasejarah Megalodon-(secara harfiah berarti hiu "megatooth/gigi super besar"), yang mungkin telah tumbuh dengan panjang lebih dari 50 kaki (16 meter) dan beratnya sampai 30 kali lebih besar daripada hiu putih besar terbesar. 

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa Megalodon ini merupakan predator laut raksasa, yang pertama kali muncul sekitar 16 juta tahun lalu, bisa menggigit dengan lebih dari tiga kali gaya gigitan T. rex, berdasarkan angka-angka baru. 

Kekuatan gigitan Megalodon-"hanya karena megalodon bertubuh begitu jauh lebih besar - kekuatanya akan menjadi lebih besar," kata Bates. 

Menjawab pertanyaan ini akan membutuhkan perkiraan berapa banyak tekanan tengkorak T-rex yang bisa mengambil, Bates mengatakan-untuk membantu menemukan betapa kuat predator bisa menggigit dengan tanpa menyakiti dirinya sendiri. 

Studi gigitan T. rex akan diterbitkan Februari online 29 dalam jurnal Biology Letters.
sumber : nationalgeographic.com

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU