Friday, February 3, 2012

JUPITER PUNYA DUA BULAN BARU

Jupiter kabarnya punya dua keluarga baru yang baru ditemukan nie. Dua bulan baru telah ditemukan mengorbit Jupiter, membawa keluarga Jovian menghitung sampai 66 satelit alam. Pengumuman tentang dua bulan baru Jupiter ini diumumkan oleh astronom pekan ini. let's check dua bulan baru Jupiter.

Bulan baru Jupiter saat ini dikenal sebagai S/2011 J1 dan J2 S/2011 (kali aja nanti namanya bs berubah jadi Agnes Monica atau Afriani. wkwkwkwk), bulan baru Jupiter pertama kali diidentifikasi dalam gambar yang diperoleh dengan Teleskop Magellan-Baade di Las Campanas Observatory, Chile pada tanggal 27 September 2011. Dua bulan baru Jupiter ini adalah salah satu bulan terkecil yang pernah ditemukan di tata surya, masing-masing berukuran hanya berdiameter sekitar (0,62 mil) kilometer.



Tidak seperti empat bulan besar Galilean Jupiter, yang terlihat dari Bumi meskipun dengan teleskop kecil, kedua bulan baru Jupiter ini redup dan sangat jauh dari planet ini, mengambil sekitar 580 dan 726 hari untuk menyelesaikan orbitnya.



Para ilmuwan sebelumnya telah menemukan satelit Jovian baru di tahun 2010, dan astronom berpikir mungkin ada yang lebih banyak lagi. "Satelit-satelit adalah bagian dari kawanan retrograde luar dari obyek-obyek di Jupiter," kata Scott Sheppard, Departemen Terrestrial Magnetism di Institut Carnegie for Science di Washington, DC, yang melaporkan penemuan itu. Satelit retrograde adalah bulan yang mengorbit "terbelakang"-dalam arah yang berlawanan rotasi aksial planet. Termasuk dua bulan baru, kawanan Jupiter memiliki 52 satelit retrograd dikenal, yang semuanya relatif kecil. "Kemungkinan ada sekitar seratus satelit sebesar ini" dalam kerumunan, kata Sheppard.

Seperti kebanyakan satelit retrogade Jupiter lainnya, S/2011 J1 dan J2 juga diklasifikasikan sebagai bulan tidak teratur, karena mereka jauh dari orbit planet dan memiliki orbit yang sangat eksentrik dan miring. Karena orbit mereka yang aneh, bulan kemungkinan adalah asteroid atau potongan komet yang lama ditangkap oleh gravitasi Jupiter daripada berkembang di tempat itu selama pembentukan planet itu sendiri.

"Karena satelit ini tidak teratur luar ditangkap selama tahun-tahun awal tata surya, mereka dapat memberi kita wawasan tentang pembentukan planet dan proses evolusi," tambah Sheppard. Sejauh nama imajinatif lebih prihatin, yang akan membutuhkan lebih banyak waktu dan lebih banyak data. Dengan konvensi didirikan, satelit dalam sistem Jovian diberi nama untuk pecinta dan keturunan dewa Romawi Yupiter atau rekan Yunani, Zeus. Tapi "satelit pada umumnya tidak diberikan nama mitologi Romawi atau Yunani sampai mereka memiliki setidaknya satu tahun pengamatan," kata Sheppard. Bulan baru Jupiter diumumkan pekan ini di Badan Pusat Persatuan Astronomi Internasional untuk Telegram Astronomi.


Jason Major

for National Geographic News

Published February 2, 2012

2 comments:

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU