Tuesday, January 10, 2012

INTI SEL (NUKLEUS)

Inti sel adalah organel sel yang bermembran ganda yang berisi informasi genetik dari sel dikemas dalam bentuk kromatin. Nukleus merupakan karakteristik dari sel-sel eukariotik secara umum.

Inti dianggap salah satu struktur yang paling penting dari sel eukariotik karena melayani fungsi informasi, pengambilan penyimpanan dan duplikasi informasi genetik. Organel bermembran ganda ini adalah pelabuhan bahan genetik dalam bentuk kromatin. Inti sel terdiri dari campuran dinamis sub compartments tidak bermembran dari berbagai kapasitas fungsional. Fitur khusus dari sebuah inti sel, terutama dalam hal sifat dan distribusi dari kompartemen subnuclear (subinti) dan posisi kromosom, tergantung pada keadaan yang berbedapada masing2 organismeFungsi utama dari inti sel termasuk replikasi asam deoksiribonukleat (DNA) dan lebih lanjut untuk mengendalikan ekspresi gen selama siklus sel. Transkripsi dan selanjutnya pasca-transkripsi pengolahan pra-messenger asam ribonukleat (mRNA) terjadi di dalam nukleus dan mRNA dewasa diangkut ke dalam sitoplasma di mana peristiwa translasi terjadi. Jadi, inti menyediakan compartmentalisation fungsional (fungsi penyediaan tempat) di dalam sel memungkinkan tingkat yang lebih tinggi dari regulasi gen.


Konsep Kunci:

- Inti sel mengandung substruktur non-membran yang berbedayang ditandai dengan memiliki subset spesifik dari protein dan RNA.

- Amplop inti merupakan penghalang membran yang diatur sedemikian hingga yang memungkinkan compartmentalisation inti dari sitoplasma.

- Kompleks pori nuklir (Nuclear pore complexes/NPC) adalah saluran protein besar yang melubangi membran nuklir dan memungkinkan pengangkutan molekul masuk dan keluar dari inti. Secara umum, protein diperuntukkan untuk impor mengandung sinyal nuklir lokalisasi (Nuclear localisation signal/NLS) dan protein yang diperuntukkan untuk ekspor mengandung sinyal ekspor nuklir (SPN).

- Gen terletak dalam kromosom di dalam inti, yang terdiri dari DNA yang panjang tunggal yang sangat digulung dan dilipat oleh protein. Kromosom adalah terbatas pada 'wilayah' berbeda dalam nukleus interfase.

- Modifikasi histon dari nukleosom membedakan antara keadaan kromatin euchromatic dan heterochromatic dan memungkinkan tatanan yang lebih tinggi dari regulasi gen.

- Bahan genetik, DNA ditranskripsi menjadi pra-RNA (pra-mRNA) di dalam nukleus. Selanjutnya intron memisahkan pra-mRNA berlangsung sesuai dengan pengaturan yang tepat dan kompleks dari protein dan partikel ribonuclear. MRNA dewasa diekspor ke sitoplasma untuk terjemahan.

- Ekspresi gen diatur pada beberapa langkah termasuk pra-mRNA pengolahan, ekspor nucleoplasmic dan degradasi RNA.

Substruktur jelas dalam nukleus pada eukariota paling adalah nukleolus, yang merupakan situs transkripsi rDNA dan biosintesis ribosom. Selain itu juga terlibat dalam biogenesis kompleks RNP lainnya, pengawasan mRNA, penginderaan stres dan kontrol proliferasi sel.

1 comment:

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU