Monday, February 6, 2012

KEPULAUAN GALAPAGOS (MENGINSPIRASI CHARLES DARWIN)



Kepulauan Galapagos pasti sudah tidak asing di telinga kita kan? Yup! kepulauan inilah yang menginspirasi Charles Darwin dalam pencetusan teorinya tentang evolusi. terlepas dari betapa banyaknya petentangan terhadap teori evolusi Charles Darwin, Kepulauan Galapagos tetap berhak menyandang gelar sebagai situs warisan dunia. Kenapa? karena kepulauan ini memiliki berbagai macam jenis makhluk hidup unik dan langka. Ok, jangan lama-lama , now check Galapagos Islands.

Site: Galápagos Islands
Lokasi: Ekuador
Tahun Ditunjuk: 1978
Kategori: Alam
Alasan: Ini "laboratorium hidup" evolusi yang membantu menginspirasi Charles Darwin 175 tahun yang lalu dan terus menawarkan kesempatan unik untuk mengeksplorasi ekosistem alam yang masih asli.

***

Kepulauan Galápagos terletak 620 mil (1.000 kilometer) dari daratan Amerika Selatan tetapi merupakan dunia yang terpisah dari tempat lain di Bumi. Letak kepulauan dan perairan sekitarnya, berada pada tempat di mana tiga arus laut bertemu. Kepulauan ini terkenal karena spesies hewan unik yang menggelitik minat Charles Darwin pada tahun 1835. Puluhan tahun kemudian Darwin menarik kesimpulan dari pengalamannya di sini dan menuliskan teori monumentalnya tentang evolusi oleh seleksi alam.

Pulau-pulau vulkanik aktif adalah rumah bagi makhluk menarik ditemukan di sini. Termasuk di dalamnya : iguana laut, kura-kura raksasa, Cormorants terbang, dan berbagai macam pipit. Darwin mencatat bahwa meskipun semua pulau-pulau vulkanik yang komposisi bersamanya sama, lingkungan, dan iklim, masing-masing pulau yang terisolasi adalah rumah bagi menetapkan sendiri spesies unik. Darwin menduga bahwa spesies telah beradaptasi ke pola makan yang unik dan lingkungan mikro lokal mereka.

Yang paling menarik bagi pengunjung adalah kurangnya rasa takut dan bahkan kelebihan rasa ingin tahu dari binatang Galápagos yang biasanya menerima manusia. Luar biasa, dari dekat pertemuan adalah norma di sini. Dan sementara pulau-pulau adalah laboratorium hidup dari perubahan evolusioner, ekosistem mereka tetap sangat tidak berubah. Beberapa 95 persen dari pra-manusia keanekaragaman hayati pulau-pulau 'tetap utuh-sosok luar biasa. Tetapi bahkan surga ini tetap belum benar-benar murni.

Mau ke kepulauan Galapagos ?

Pulau-pulau memiliki dua bandara, Isla Baltra dan Isla San Cristobal, yang dilayani oleh penerbangan reguler dari kota Quito daratan dan Guayaquil.

Cara Mengunjungi Kepulauan Galapagos

Akomodasi yang tersedia di beberapa pulau, dan perahu umum dan pesawat layanan yang memungkinkan pengunjung untuk bergerak ke seluruh kepulauan. Tapi mungkin cara terbaik untuk menikmati Galápagos adalah dengan perahu wisata. Apakah minat Anda terletak pada burung, snorkeling menyelam menonton, surfing, atau kegiatan lain pilihan tur yang tepat ada-termasuk sendiri.

Waktu-waktu Kunjungan terbaik

Tidak pernah benar-benar saat yang buruk untuk dikunjungi, tetapi bagian dari rencana pemerintah untuk melindungi pulau-pulau ini termasuk membatasi jumlah pengunjung ke setiap pulau pada waktu tertentu. Tur perjalanan dikoordinasikan dengan peraturan ini dalam pikiran, dan masalah crowding paling banyak terjadi dari musim puncak pertengahan Juni hingga September dan sekali lagi pada pertengahan Desember sampai pertengahan Januari.

Dari Desember sampai Mei kepulauan cenderung lebih tenang (kecuali masa liburan disebutkan di atas), tetapi sinar matahari sering juga diselingi dengan hujan shower hampir setiap hari. Ketika perubahan suhu air dan pergeseran musim, berbagai jenis satwa liar menjadi lebih atau kurang banyak.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU