Friday, August 5, 2011

TAWON MEMILIKI BUILT IN FACEBOOK

By Susan Milius
Web edition : Tuesday, August 2nd, 2011

Seperti halnya manusia, serangga mungkin memiliki karunia khusus untuk mengenal wajah

Bloomington, Ind - tawon mungkin menjadi invertebrata pertama yang terbukti memiliki bakat khusus untuk belajar wajah jenisnya sendiri.

"Seperti orang, Polistes fuscatus tawon dapat dibedakan individu dari spesies mereka. Ternyata bahwa tawon sangat baik mengenali wajah dibandingkan dengan obyek lain", Michael Sheehan dari University of Michigan melaporkan 28 Juli pada Behavior 2011 conference.


"Untuk pengetahuan saya, tidak ada serangga lainnya belum terbukti memiliki wajah seperti belajar khusus untuk pengakuan individu," kata ahli biologi evolusi Emilie Snell-Rood dari University of Minnesota. Mempelajari bagaimana individu dari setiap spesies saling mengenali satu sama lain memperkaya pemahaman adegan sosial suatu spesies.

Ahli biologi telah memperdebatkan apakah spesies tertentu - termasuk orang-orang dan beberapa primata lainnya, serta domba - memiliki beberapa kekuatan kognitif khusus untuk menafsirkan wajah. Sekarang, tampaknya, diskusi akan menyebar ke tawon.

Dalam koloni P. fuscatus, pola olahraga teratur tawon kuning, tanda coklat dan hitam. Mengenali tanda-tanda unik masing-masing wajah tampaknya untuk meminimalkan benturan agresi sebagai ratu untuk dominasi saat membuat sarang bersama.

Sheehan dan rekan-rekannya menguji kemampuan tawon 'untuk belajar dengan mengajarkan mereka untuk memilih salah satu dari sepasang wajah tawon versus satu dari dua abstrak hitam-putih atau satu pola dalam sepasang potret ulat. Peneliti menguji beberapa pasang dalam setiap kategori.

P. fuscatus tawon belajar untuk memilih di antara gambar dari semua tiga jenis. Namun berkaki enam siswa skor tertinggi ketika belajar untuk memilih wajah tawon yang benar, mendapatkan jawaban yang benar di sekitar tiga perempat dari tes.

Sebagai bukti lebih lanjut bahwa wajah sendiri khusus untuk tawon kertas, serangga tidak lebih baik pada gambar membedakan wajah nyata dan tidak juga dalam belajar gambar dengan elemen wajah tumbuk bersama dalam rumpun tidak wajar atau dengan antena mereka blanked keluar.

Sheehan juga diuji spesies yang berbeda, P. metricus, dan tidak menemukan tanda-tanda reaksi apapun khusus untuk wajah. Tapi P.metricus tidak memiliki berbagai tanda-tanda wajah P. fuscatus, juga tidak koloni memiliki lebih dari satu ratu.

Kontras dengan P. metricus membuat bagian sangat mencolok dari kasus ini, kata David Queller dari Washington University di St Louis.

Diuji pada wajah tidak-sangat-berbeda dari jenis mereka sendiri, P. metricus tawon tidak skor di atas kesempatan belajar untuk memilih antara pasangan. Mereka belajar untuk membedakan antara wajah variabel P. fuscatus. Tetapi kinerja mereka tidak berbeda dengan belajar mashup campur aduk bagian wajah atau antena bebas wajah. Bagi mereka, Sheehan menyimpulkan, wajah benar-benar hanya objek lain.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU