Monday, August 1, 2011

DI DALAM BLACK HOLE TERDAPAT AWAN YANG MENGANDUNG AIR TERBESAR DI JAGAD RAYA

Reservoir berkabut ini akan memenuhi 140 triliun kali lautan-lautan Bumi, kata ilmuan.

Di dalam sebuah galaksi yang berjarak 12 milyar tahun cahaya, terletak awan yang mengandung air yang paling berlimpah dan paling terpencil yang pernah dilihat di alam semesta, kata astronom.

Memiliki berat 40 milyar kali berat bumi, awan raksasa basah ini merupakan salah satu tipe dari blackhole pemakan super raksasa aktif. Yang dikenal sebagai quasar.



Di antara objek paling terang dan paling energik di alam semesta, quasar adalah black hole (lubang hitam) yang berada di tengah-tengah galaksi yang mengkonsumsi material di sekitar jangkauan gravitasinya ketika bersendawa dengan kekuatan energy seperti jet.

"ketika cakram-cakram materi ini dimakan oleh pusat black hole, itu melepaskan energy dalam bentuk sinar x dan radiasi infra merah, yang mana selanjutnya berubah dan bisa memanaskan materi-materi di sekitarnya, menghasilkan uap air di dalam observasi,” kata study co-author Eric Murphy, seorang astronom dengan the Carnegie Observatories in Pasadena, California.

Uap sekitar ini Quasar tertentu mewakili cukup air "untuk mengisi semua lautan di Bumi lebih dari 140 triliun kali-banyaknya”

Air primordial adalah pendingin alam semesta????

Murphy dan rekan menemukan lubang hitam basah menggunakan spektrograf melekat pada Observatorium Caltech sepuluh meter Submillimeter di puncak Mauna Kea di Hawaii. Tim juga mengungkapkan bahwa awan air yang luar biasa hangat mandi gas lainnya dan debu di sekitar lubang hitam.

Bahkan, ada gas yang cukup dan debu hadir bahwa lubang hitam dapat tumbuh menjadi 6 kali ukuran yang sekarang-atau lebih dari 120 miliar kali massa matahari kita, Murphy mengatakan.
Mungkin bahkan lebih mengejutkan adalah bahwa reservoir kosmik kolosal terbentuk ketika alam semesta adalah 1,6 miliar hanya tahun.

"Bagi saya, aspek yang paling menarik dari penemuan ini adalah bahwa hal itu menunjukkan bagaimana meresapnya air bahkan pada sepersepuluh usia saat alam semesta," kata Murphy.

"Fakta bahwa kami telah mendeteksi seperti jumlah besar [air] pada tahap awal alam semesta adalah indikasi lain bahwa molekul dan pengayaan kimia dari galaksi bisa terjadi begitu cepat setelah big bang."

Para astronom berharap untuk menggunakan temukan untuk mempelajari bagaimana sejumlah besar air di alam semesta muda mungkin bertindak sebagai zat pendingin yang efisien dari antarbintang media-gas tipis dan debu yang ada di antara bintang-mungkin mempengaruhi pembentukan bintang dan evolusi galaksi seperti Bima Sakti kita.

Paper menggambarkan Quasar berair telah diterima untuk publikasi di Astrophysical Journal Letters.

Andrew Fazekas
for National Geographic News
Published July 27, 2011

1 comment:

  1. Bukanya didalam lubang hitam tidak ada air?.
    http://www.idastronomi.co.vu/2015/05/teori-konspirasi-apakah-materi-gelap.html

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU