Wednesday, August 3, 2011

ASTEROID TROJAN PERTAMA BUMI DITEMUKAN

Sebuah batu angkasa kecil yang sebagian ditambatkan ke Bumi oleh tali gravitasi, asteroid Trojan pertama planet kita. diketahui, astronom mengatakan.


Trojan adalah objek yang ada di daerah gravitasi stabil di depan atau di belakang badan lain, sehingga berbagi dua orbit yang sama tetapi tidak pernah bertabrakan.

Trojan asteroid telah ditemukan sekitar Jupiter, Neptunus, dan Mars, dan Saturnus mengorbit oleh kelompok beberapa bulan Trojan.

Trojan baru ditemukan bumi adalah sekitar 1.000 kaki (300 meter) lebar dan duduk sekitar 50 juta mil (80 juta kilometer) di depan Bumi.

"Benda ini berada di orbit sekitar matahari di jalur yang sama dengan jalur orbit bumi, dan dikendalikan sebagian oleh gravitasi kita, tetapi gravitasi matahari memegang kontrol lebih," kata Martin Connors, seorang astronom di Athabasca University di Kanada dan satu dari co-penemu objek.

Connors menyamakan asteroid aneh ini dengan jeruk yang diadakan di lengan panjang oleh orang mengendarai roda Ferris. Dalam analogi ini, jeruk adalah Trojan, orang tersebut adalah Bumi, dan roda Ferris yang mengorbit kami mengelilingi matahari.

"Jeruk ini akan terjadi di sekitar roda Ferris, tetapi menjaga itu di lengan panjang adalah terserah Anda," jelas Connors.

"Trojan ini adalah seperti itu: Ada hal utama yang menyeretnya, yang pertama  adalah gravitasi matahari, namun Bumi memiliki kontrol atas itu juga Jika gravitasi bumi itu tidak ada, akan pergi pada yang berbeda. Tentu saja, sama seperti jika Anda adalah untuk melepaskan jeruk, itu akan jatuh ke tanah. "

Ada Lebih Banyak Trojan Bumi yang Terlihat?

Para ilmuwan telah lama meramalkan bahwa bumi harus memiliki Trojan, tetapi asteroid semacam itu belum terlihat sampai sekarang karena mereka cenderung relatif kecil dan terletak pada arah umum matahari seperti yang terlihat dari Bumi, membuat mereka sulit untuk tempat di bintang silau.

Untungnya, orbit Trojan baru ditemukan itu membawanya cukup jauh dari matahari untuk teleskop untuk spot.

Connors dan timnya melihat pendamping berbatu, dijuluki 2010 TK7, menggunakan Wide-Survei Lapangan NASA Explorer Inframerah, atau WISE, teleskop ruang. Tim kemudian mengukuhkan menemukan dengan Kanada-Perancis-Hawaii Telescope di Mauna Kea di Hawaii.

Tidak diketahui bagaimana atau kapan Bumi dan asteroid berpasangan di tempat pertama, tetapi model komputer menunjukkan orbit Trojan akan stabil setidaknya selama sepuluh ribu tahun.

Meskipun relatif dekat dengan Bumi, 2010 TK7 bukan calon yang baik untuk eksplorasi robot atau manusia masa depan, para ilmuwan menambahkan.

Itu karena asteroid mengikuti jalur miring yang tidak biasa dalam hubungannya dengan Bumi, jadi terlalu jauh di atas atau di bawah bidang orbit planet kita. Dalam konfigurasi ini, sampai ke Trojan akan membutuhkan jumlah besar bahan bakar.

Namun, mungkin ada Trojan Bumi lebih berlokasi yang belum ditemukan, kata Connors.

"Di antara asteroid Trojan Jupiter, beberapa dari mereka hampir pada bidang Jupiter," katanya.

"Jika kita dapat menemukan hal yang serupa untuk Bumi, maka mereka akan sangat rendah energi target untuk sampai, dan itu akan menjadi kesempatan menarik untuk memiliki."

Asteroid Trojan pertama bumi dijelaskan dalam edisi 28 Juli jurnal Nature.
Dari Ker Than
untuk National Geographic NewsDiterbitkan 28 Juli 2011

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU