Monday, April 11, 2011

TONGKAT LISTRIK DAPAT MEMADAMKAN API

Tongkat listrik dapat memungkinkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di masa depan dengan melambaikan tangan, percobaan baru-baru ini menunjukkan.
Saat ini, petugas pemadam kebakaran menggunakan air, busa, bubuk, dan zat lain untuk menjinakkan api. Tetapi sebuah tim dari Universitas Harvard Whitesides Research Group telah menunjukkan bahwa medan listrik dapat memadamkan kebakaran juga-berpotensi mengurangi kerusakan air serta ancaman lingkungan yang ditimbulkan oleh retardants api.


Para ilmuwan menghubungkan kawat tipis ke 600-watt amplifier-kira-kira kuat sebagai stereo mobil high-end dan sekitar sebesar file kabinet-terpasang ke dinding.
sistem "tongkat" ini menghasilkan medan listrik dengan kekuatan satu juta volt per meter, "kira-kira field yang diperlukan untuk menghasilkan percikan api di udara kering," ujar ahli kimia Ludovico Cademartiri, postdoctoral fellow di Harvard.
Setiap kali para peneliti membawa tongkat listrik dekat pembakar - berasal jet tipis api sampai dengan 20 inci (50 cm) tinggi, api hampir seketika keluar.
Meskipun kekuatannya hampir setingkat Harry Potter, meskipun, tongkat pemadam kebakaran dikatakan cukup aman. listrik frekuensi, tegangan, dan arus alat ini "tidak cukup untuk membuat masalah kesehatan pada orang sehat," kata Cademartiri.
Versi mendatang mungkin lebih jinak. Sebuah tongkat hanya menggunakan sepersepuluh dari watt percobaan itu bisa melakukan pekerjaan hampir sama bagusnya, Cademartiri berspekulasi pembuatan sistem tongkat berpotensi portabel di beberapa iterasi masa depan.

Bagaimana tongkat elektrik ini bekerja
Elektron, ion, dan jelaga di dalam nyala semua dapat merespon medan listrik.
Berdasarkan prinsip ini, tongkat pada percobaan dasarnya menggunakan listrik untuk mendorong api dari kompor, "memisahkan dari sumber bahan bakar, sehingga padam."
Para ilmuwan sekarang ingin pindah ke kebakaran yang menekan serta lebih jauh dan lebih luas dalam lingkup dengan cara bereksperimen dengan bentuk elektroda dan mengubah frekuensi, arus, dan tegangan yang terlibat.
"Kami baru saja mulai melihat ke dalam potensi skalabilitas," kata Cademartiri.
Akhirnya, perangkat sejenis bisa dipasang di langit-langit gedung atau kapal-(banyak sebagai penyiram air sekarang)-atau dibawa, gaya ransel, oleh petugas pemadam kebakaran, Cademartiri berspekulasi.
Tongkatnya ada obat-semua, meskipun, tambahnya. Seperti menjanjikan sebagai alat tampaknya di tempat tertutup, tongkat mungkin tidak bekerja dengan baik terhadap kebakaran hutan dan conflagrations luas lainnya, katanya. "Efek yang kita lihat tergantung pada kekuatan medan listrik," jelasnya. "Ini adalah tantangan adalah untuk menciptakan bidang besar seperti di daerah yang luas."
Selain pemadam api, tongkat mungkin hanya sesuatu di tempat yang ketat di mana hanya ada sedikit api yang dibutuhkan, seperti mesin, tungku, dan obor. Itu karena medan listrik juga dapat mempengaruhi suhu api dan di mana mereka berkedip, para peneliti menemukan.
"Menemukan cara baru untuk mempengaruhi dan mengendalikan api," Cademartiri berkata, "bisa memiliki dampak pada berbagai teknologi cukup luas."
Temuan pemadam kebakaran-tongkat disajikan hari Minggu di pertemuan American Chemical Society di Anaheim, California.



http://news.nationalgeographic.com/news/2011/03/110329-electric-wands-fire-firefighters-extinguish-science-harvard-chemical/

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU