Friday, April 15, 2011

TEKNIK MENGUKUR GAS METANA DARI SAPI PERUT KEMBUNG


Baru-baru ini, para ilmuwan mengembangkan teknik pengukuran rilis metana sebagai cara untuk melacak pelepasan gas tanpa mengganggu manajemen rutin kawanan. Ini merupakan bagian dari penelitian kolaboratif yang dilakukan oleh peneliti dari Agriculture and Agri-Food Canada's Lethbridge Research Centre, the Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization, and the University of Melbourne in Australia.

Sapi yang dilengkapi dengan perangkat global positioning untuk melacak gerakan mereka dan kecepatan angin dan arah terus-menerus diukur. Berbeda dengan penelitian sebelumnya di mana beberapa ternak ditangani pengukuran harian dan metana diambil langsung, teknik ini berpusat pada menggunakan laser terbuka jalan untuk mendapatkan pengukuran jangka pendek pelepasan metana dari seluruh penggembalaan kawanan. Misalnya dalam satu studi, teknik ini digunakan untuk melakukan pengukuran ulang konsentrasi metana setiap 10 menit langsung di atas ketinggian 18 ternak di paddock. Menurut hasil, teknik yang dikembangkan dengan baik dapat menjelaskan 77% dari pelepasan gas metana pada satu titik di sebuah paddock.
(http://earth-climate.science.org/Technique-for-Measuring-Methane-Gas-from-Cattle-Flatulence.html)

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU