Wednesday, August 12, 2009

MULAI MEMBUAT TEMPLATE KITA SENDIRI

BELAJAR MEMBUAT BLOGGER TEMPLATE 12

Sekarang kita sudah membaca seluruh tutorial, kamu sudah siap untuk memulai mendesain templatemu sendiri. Di dalam tutorial ini saya akan memperlihatkan langkah-langkah penting yang harus dilakukan untuk membuat template secara cepat dan mudah.

Hal pertama yang perlu dimengerti tentang pendesainan template adalah teknik mendesain adalah unik dan berbeda-beda pada masing2 orang. Pada akhirnya semua terserah padamu bagaimana kamu ingin melakukannya- jika dan hanya jika kamu familiar dan pernah membuat beberapa template sendiri. Tapi jika kamu adalah pemula, yang paling baik dilakukan adalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini, sehingga tidak menemui banyak kesulitan.

Step 1 – Memilih template yang sudah dibuat sebagai permulaan:

Untuk pemula, cara tercepat dan termudah mulai mendesain template adalah mulai dengan menggunakan template yang sudah jadi. Tapi jangan lakukan itu dengan keinginan menconteknya (plagiarism)

Step 2 – Mengatur jumlah dan lokasi sidebar:

Jika kamu adalah pemula, pastikan kamu memulai dengan template yang mendekati pola template yang kamu inginkan. Contohnya, jika kamu ingin membuat 3-column template, Jangan memulai dengan 2-column template yang sudah jadi. Atau jika ingin mengubah dan menambahkan sidebar sendiri, baca Tutorial 10: membuat 3-Column Template atau lebih ..

Step 3 – Mengatur lebar template:

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah memulai membuat template adalah mengatur lebar dari template tersebut. Untuk melakukan ini, kita perlu mengatur lebar dalam CSS Style code. Itu semua dijelaskan dalam Tutorial 7: Mengatur ukuran Template. Container umum yang perlu diatur lebarnya adalah :

• body
• outer-wrapper
• content-wrapper
• header-wrapper
• main-wrapper
• sidebar-wrapper (or sidebar1, sidebar2, and so on)
• footer-wrapper

Kamu juga bisa mengatur lebar menjadi fluid width(berubah sesuai dengan browser atau screen size) atau mengatur lebar secara fixed width. Catatn untuk mengatur lebar di dalam container-wrapper bisa jadi sedikit menipu karena kamu memiliki Main dan Sidebar containers di dalamnya. Jika lebar tidak diatur dengan baik, Sidebars bisa menumpuk dengan Main container.

Step 4 – Membangun Objects Percobaan:

jika kamu mendesain template baru, bagaimakah kamu mengetahui bahwa kode-kodemu benar jika kamu melihat hasilnya?? Jadi, apa yang perlu dilakukan adalah membangun object percobaan- contohnya 3 postingan atau lebih, postingan yang memiliki quote, a numbered list, un-numbered list, membuat widget yang banyak untuk melihat bagaimana sidebar kelihatannya, pastikan kamu punya label yang terlihat dalam Labels widget,buat beberapa comment percobaan untuk mengetahui bagaimana terlihat, dan sebagainya.

Step 5 - Tweaking CSS code untuk meng-customize tampilan blog:

Di sini tempat kamu memulai tweaking CSS code untuk meng-customize layout dasar dari blog dan perlahan-lahan menyempurnakannya sampai menjadi template yang diinginkan. Ini adalah proses yang bisa kamu lakukan berulang-ulang karena kita tidak akan selalu mendapat template yang sempurna hanya dengan sekali tweaking kode saja. lihat Tweaking CSS Code untuk lebih jelas

Step 6 – Mengetes di Browser Lain:

Bagian ini bisa menjadi sangat mengganggu, tapi seperti orang bilang, kamu harus melakukan apa yang harus kamu lakukan. Untuk ini akan ditulis di subpost yang nanti aq posting. Untuk sementara lihat Testing and Viewing in Other Browsers dulu, belum sempet translate soalnya.

Step 7 – Menggunakan Gambar Untuk Background:

Jika bosan menggunakan warna polos, gunakan saja gambar yang lebih manis untuk menjadi background dari seluruh blog atau di beberapa bagian (contohnya pada Post, Sidebar, Footer, Header, dll). Untuk melakukan ini lihat kembali Tutorial 11: Bagaimana menggunakan gambar sebagai background.

Step 8 - (Tahap Akhir) – Menyempurnakan Template:

Tahap ini hanya untuk memastikan apakah semua berjalan baik . Kita hanya perlu melakukan double check. Lihat pada Blog secara teliti dan lakukan beberapa minor tweaking yang membuat templatemu lebih baik.

2 comments:

  1. ora jelas blas....kurang detail.......

    ReplyDelete
  2. posting yang bagus... bisa dilengkapi dengan gambar bro biar lebih jelas..

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU