Saturday, July 25, 2009

MENGGUNAKAN TEMPLATE YANG SUDAH JADI

BELAJAR MEMBUAT BLOGGER TEMPLATE 6

Tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana caranya memanfaatkan Generic Blogger Template untuk latihan dalam tweaking (mengubah setting dengan menambahkan, mengurangi maupun memodifikasi) kode dan memodifikasi template. Tujuan utama kita adalah untuk tahu bagaimana mendesain template kita sendiri, tapi dengan mengetahui bagaimana memodifikasi template terlebih dahulu (dan mendapatkan feeling bagimana template bereaksi pada modifikasi kode) adalah step yang sangat penting yang kita perlukan sebelum memulai mendesain template kita sendiri.

Mengubah template tidak semudah seperti mengubah atau menambahkan beberapa kode, menekan tombol “View Blog” dan berpikir kalau segalanya berjalan seperti yang kita inginkan. Dalam banyak kesempatan kamu akan melihat banyak hal akan berbeda dari apa yang kita perkirakan. Khususnya jika kamu bukanlah web programmer. Aku sendiri perlu bolak-balik membuka halaman “Edit HTML” lalu menekan halaman "View Blog" berulang-ulang kali sebelum aku mendapatkan apa yang aku inginkan.
Jadi, yang paling baik untuk dilakukan adalah benar-benar bereksperimen dengan prilaku dari template kode, lihat bagaimana mereka membuat template berubah, dan akhirnya mengerti (lebih kurang) mengapa mereka mengubah jalan yang mereka ubah: dengan mudah letakkan-jadilah bagian dari kode.

Untuk membuatnya lebih mudah, kita bisa mendownload Generic Blogger Template dari ourbloggertemplate dan bermain dengan benda ini. Sebenarnya itu adalah template yang jelek, tapi perbedaan warna container akan menolong kita mengetahui bagaimana template itu dapat berubah. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat blog percobaan menggunakan blogger account. Lalu upload Generic Blogger Template ke dalam blog percobaan barusan. Letakkan beberapa posting yang banyak berisi text, gambar, dan tambahkan beberapa widget juga, jadi dengan begitu kita bisa melihat effect yang lebih nyata.

Tahap berikutnya hanya tinggal bermain dengan kode-kode di dalamnya. Paling baik jika dilakukan satu per satu. Katakanlah pilih satu container, mungkin header wrapper, dan ubah beberapa kode perintah untuk container itu. Lalu lihat template baru dan lihat apakah perubahan yang terjadi sesuai dengan yang kamu perkirakan. Sebagai permulaan, coba untuk bermain dengan padding dan margin (bermain dengan color, font, atau beberapa appearance-setting tidak lebih menantang dibandingkan bermain dengan perintah layout-setting. Jangan bermain dulu dengan perintah pengaturan ukuran (size-setting) seperti lebar container karena ini akan melibatkan container lain dan juga bisa membuat sangat kacau. Kita akan melakukannya nanti. Setelah yakin pada satu container, cobalah satu container lainnya atau beberapa sekaligus.

Dalam waktu singkat, kamu akan yakin dengan Generic Blogger Template dan nantinya kamu bisa memulai tweaking kode blogger templatemu sendiri. Pada poin ini, dapat dikatakan kalau semuanya hanyalah untuk mengetahui cara tweaking kode. Tapi kamua akan cukup tahu untuk melakukan makeover pada template anda dan mulai belajar hal baru dan mengatasi masalah baru pada template anda sendiri. Kuncinya di sisni adalah koding skill akan tumbuh selaras dengan waktu. Semoga kode berpihak pada anda.

translate dari ourbloggertemplate.com

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU