Saturday, September 15, 2012

MENGENAL PAUS BIRU


Kira-kira pembaca tahu ngga tentang hewan terbesar di dunia? Yap! Hewan itu namanya PAUS BIRU. Paus biru adalah hewan terbesar yang pernah dilihat hidup dan tinggal di Bumi. Mamalia laut yang luar biasa besar ini berkeliaran di lautan luas dengan panjang mencapai  100 kaki (30 meter) dan berat  200 ton (181 ton metrik). Lidah paus biru sendiri seberat  gajah dan  Jantungnya seberat mobil. Bisa dibayangkan bukan, seberapa besar sesungguhnya paus biru itu.

Yang unik dari paus biru bukan hanya besar badannya tapi juga makanannya. Paus biru biasanya hanya memakan krill ( sejenis hewan yang berbentuk seperti udang yang sangat kecil). Dengan hewan-hewan yang sangat kecil seperti itu, paus biru dapat tumbuh menjadi raksasa yang sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan makannya, paus biru dapat memakan sekitar 4 ton krill per hari.



Paus biru adalah paus balin, yang berarti mereka memiliki piring dibatasi kuku-seperti materi yang disebut baleen. Baleen ini  melekat pada rahang atas mereka. Pada saat makan, Paus biru akan terlebih dahulu meneguk seteguk besar air laut, memperluas kulit lipit pada tenggorokan dan perut untuk mengambil masuk. Kemudian lidah besar paus memaksa air keluar melalui rongga tipis yang dibentuk oleh lidah dan lempeng balin. Ribuan krill yang tertinggal kemudian ditelan.

- Taksonomi paus biru

Paus biru merupakan rorqual (famili Balaenopteridae), famili yang termasuk di dalamnya  Paus bungkuk, Paus sirip, Paus Bryde,Paus Sei dan Paus minke. Famili Balaenopteridae  diyakini memiliki perbedaan dengan famili paus lain dari subordo Mysticeti yang sama lamanya dengan pertengahan Oligocene. Walau begitu, hal ini tidak diketahui walaupun kelompok famili tersebut berbeda dari lainnya. Paus biru biasanya diklasifikasikan sebagai salah satu dari tujuh spesies paus dalam genus Balaenoptera; satu otoritas yang menempatkan paus ini dalam genus monotypic terpisah Sibbaldus,namun ini tidak disetujui di lain tempat.Analisis beruntun DNA mengindikasi bahwa paus biru secara Filogenetik dekat dengan Paus bungkuk (Megaptera) dan Paus Kelabu(Eschrichtius) kemudian dengan spesies Balaenoptera lain. Jika riset lebih lanjut mengkonfirmasi adanya kekerabatan, mungkin akan menjadi diperlukan untuk mengklasifikasi ulang rorqual.

- Penampakan paus biru

Ketika di bawah air, Paus biru terlihat benar-benar biru, tapi di permukaan warna  mereka terlihat seperti  berbintik-bintik biru-abu-abu. Perut bawah  mereka mengambil rona kekuningan dari jutaan mikroorganisme yang mengambil tinggal di kulit mereka. Paus biru memiliki kepala  lebar datar dan tubuh panjang meruncing yang berakhir di flukes segitiga yang melebar.

- Kehidupan paus biru

Paus biru hidup di semua lautan di dunia, sesekali berenang dalam kelompok kecil tetapi biasanya sendiri atau berpasangan. Paus biru sering menghabiskan musim panas untuk makan di perairan kutub dan melakukan migrasi panjang menuju Khatulistiwa saat musim dingin tiba.

Paus biru adalah perenang anggun dari pelayaran laut dengan kecepatan  lebih dari lima kilometer per jam (delapan kilometer per jam), tapi bisa dipercepat menjadi  lebih dari 20 kilometer per jam (32 kilometer per jam) ketika mereka gelisah. Paus biru adalah salah satu hewan paling keras di planet ini. Mereka memancarkan serangkaian pulsa, erangan, dan rintihan, dan itu berpikir bahwa, dalam kondisi yang baik, paus biru dapat mendengar satu sama lain sampai 1.000 mil (1.600 kilometer) jauhnya. Para ilmuwan berpikir bahwa mereka menggunakan vokalisasi tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi, bersama dengan pendengaran baik mereka, untuk sonar-menavigasi kedalaman laut gelap.

- Bayi  paus biru juga besar

bayi paus biru ketika baru memasuki dunia sudah menempati peringkat sebagai makhluk planet terbesar. Setelah sekitar satu tahun di dalam rahim ibunya, bayi paus biru lahir dengan  beratnya mencapai 3 ton (2,7 metrik ton) dan memanjang  hingga 25 kaki (8 meter). 

Paus biru adalah salah satu hewan dengan masa hidup terpanjang di bumi. Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan menghitung lapisan seperti pada penutup paus yang sudah mati, mereka bisa mendapatkan perkiraan yang mendekati usia paus biru tersebut. Paus biru tertua ditemukan dengan menggunakan metode ini berumur sekitar 110 tahun. Rata-rata umur diperkirakan sekitar 80 hingga 90 tahun.

- Kelangkaan Paus Biru

Antara 10.000 dan 25.000 paus biru diyakini masih berenang lautan di dunia. Perburuan  agresif dalam tahun 1900 oleh pemburu paus untuk mencari minyak ikan paus mendorong mereka ke jurang kepunahan. Antara 1900 dan pertengahan 1960-an, sekitar  360.000 paus biru dibantai. Mereka akhirnya berada di bawah perlindungan dengan Komisi Perburuan Ikan Paus Internasional 1.966, tetapi paus biru hanya mengalami pemulihan kecil sejak saat itu.

Paus biru memiliki sedikit predator tetapi diketahui menjadi korban serangan hiu dan paus pembunuh, dan banyak yang terluka atau mati setiap tahun dari dampak dengan kapal-kapal besar. Paus biru saat ini diklasifikasikan sebagai hewan yang terancam punah di World Conservation Union (IUCN) Red List.

Keterangan lebih lanjut:

Jenis : Mammalia

Makanan : Carnivore
Rata-rata usia di alam liar : 80 sampai 90 tahun
ukuran : 82 sampai 105 ft (25 sampai 32 m)
Berat : lebih dari  200 tons (181,437 kg)
Group name: Pod
Protection status: Endangered (Terancam punah)
Apakah kamu tahu?
Ketika paus biru menghembuskan nafas, semprotan dari lubang kepalanya bisa setinggi 30 ft (9m) di udara.



Taksonomi :

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Cetacea
Suborder: Mysticeti
Family: Balaenopteridae
Genus: Balaenoptera
Species: B. musculus
Binomial name :
Balaenoptera musculus
(Linnaeus, 1758)


sumber : 
http://animals.nationalgeographic.com/animals/mammals/blue-whale/?source=A-to-Z
- wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU