Thursday, September 10, 2009

RUDOLF VIRCHOW

Rudolf Ludwig Karl Virchow (13 October 1821 – 5 September 1902) adalah seorang dokter Jerman, Antropolog, Aktivis kesehatan masyarakat, ahli patologi, prehistorian, biologi dan politikus. Ia disebut sebagai "Bapak Patologi," dan mendirikan bidang Sosial Kedokteran.

Beberapa istilah Medis yang mengandung kata Virchow antara kain

* Virchow's angle, sudut antara garis dan nasobasilar baris nasosubnasal.
* Virchow's cell, macrophage dalam penyakit Hansen.
* Virchow's cell theory, "omnis cellula e cellula" - setiap sel hidup berasal dari sel hidup lain.
* Virchow's concept of pathology, perbandingan penyakit umum bagi manusia dan hewan.
* Virchow's disease, lleontiasis ossea, sekarang dikenal sebagai symptom dibanding disorder.
* Virchow's gland, Virchow's node.
* Virchow's Law, selama craniosynostosis, pertumbuhan tengkorak terbatas pada bidang tegak lurus kepada para korban, sebelum waktunya leburan jahitan dan ditingkatkan di pesawat sejajar dengan hal itu.
* Virchow's line, satu baris dari akar dari hidung ke lambda.
* Virchow's metamorphosis, lipomatosis dalam hati dan kelenjar ludah.
* Virchow's method of autopsy, metode otopsi di mana setiap organ adalah dibawa keluar satu per satu. Metode lainnya adalah metode Letulle, di mana mereka dibawa keluar en blok, Rokitansky metode, di mana mereka diperiksa di situ, dan metode Ghon di mana mereka biasanya dibawa keluar terpisah dalam tiga blok - blok pada leher rahim, sebuah blok toraks dan abdominopelvic blok.
* Virchow's node, kehadiran metastasis kanker dalam kelenjar getah-node dalam fosa supraklavikularis (akar dari leher kiri dari garis tengah). Juga dikenal sebagai tanda Troisier.
* Virchow's psammoma, pasmmoma tubuh dalam meningiomas.
* Virchow-Robin spaces, pembesaran perivascular spasi (EPVS) (seringkali hanya potensial) yang mengelilingi pembuluh darah untuk jarak pendek saat mereka memasuki otak.
* Virchow-Seckel syndrome, penyakit yang sangat langka juga dikenal sebagai "bird-headed dwarfisme".
* Virchow's triad, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan trombus vena. .

Beberapa istilah dari Dorland's Medical Dictionary (1938)

Berasal dari keluarga petani, Virchow belajar Kimia di Berlin di Military Academy of Prussia dengan beasiswa. Ketika dia menamatkan kuliah tahun 1842 dia melayani masyarakat sebagai asisten Robert Froriep. Salah satu kontribusinya yang besar untuk dunia pendidikan kesehatan Jerman adalah mendorong penggunaan microskop oleh siswa kedokteran dan dikenal sebagai orang yang selalu memperingatkan siswanya agar selalu "think microscopically'. Kampus dimana terletak dekat Rumah sakit Charité dinamai menurut namanya, the Campus Virchow Klinikum.

Virchow berperan dalam banyak penemuan penting. Meskipun dia dan Theodor Schwann tidak disebutkan bersamaan, dia paling banyak diketahui karena theorinya tentang sel. Ia adalah orang pertama yang menemukan sel-sel leukemia. Dia adalah orang pertama yang menerima dan menjiplak hasil kerja Robert Remak yang memnyatakan asalu usul sel adalah pembagian unsur sebelumnya. Teori ini ia tuangkan dalam epigram Omnis cellula e cellula ("setiap sel berasal dari sel sebelumnya") yang dipublikasikan tahun 1858. (epigram ini sebenarnya ditemukan François-Vincent Raspail tapi dipopulerkan oleh Virchow). Ini adalah penolakan terhadap konsep generasi spontan (spontaneous generation), yang menyatakan organisme berasal dari benda mati.

Penemuan penting lainnya, dibuat oleh Virchow dan Charles Emile Troisier, bahwa supra-clavicular node yang membesar di sebelah kiri adalah tanda awal dari gastrointestinal malignancy, biasanya dari perut, atau kadang-kadang kanker paru-paru. bagian ini selanjutnya dikenal sebagai Virchow's node dan simultaneously Troisier's sign.

Lebih jauh lagi, Virchow mendirikan sebuah disiplin ilmu kedokteran, patologi sel dan patologi komparatif (perbandingan penyakit pada hewan dan manusia). His very innovative work may be viewed as sitting between that of Morgagni whose work Virchow studied, and that of Paul Ehrlich, who studied at the Charité while Virchow was developing microscopic pathology there.

Tahun 1869 dia mendirikan Society for anthropology, ethnology and prehistory (Gesellschaft für Anthropologie, Ethnologie und Urgeschichte) yang sangat terkenal dalam mengkoordinasikan dan mengintensifkan penelitian arkeologi Jerman. Pada tahun 1885 ia meluncurkan studi tentang pengukuran tengkorak (craniometry), yang memberikan hasil mengejutkan dalam teori-teori ilmiah kontemporer rasis pada "ras Arya", menuntunnya untuk mencela teori "Nordic mysticism" pada tahun 1885 dalam Anthropology Congress di Karlsruhe. Josef Kollmann , kolaborator Virchow, menyatakan hal yang sama dalam kongres bahwa orang eropa, yaitu Jerman, Italia, Inggris atau Perancis, memiliki "campuran berbagai ras" lebih jauh lagi mendeklarasikan bahwa "hasil craniology" mengarah pada "perjuangan melawan teori yang mnyatakan superioritas dari ras eropa"
Tahun 1892 dia dianugrahi medali Copley.

Ia adalah penulis yang aktif, beberapa karyanya antara lain:

* Mittheilungen über die in Oberschlesien herrschende Typhus-Epidemie, (1848)
* Die Cellularpathologie in ihrer Begründung auf physiologische und pathologische Gewebelehre., (1858), English translation, (1860)
* Handbuch der speciellen Pathologie und Therapie, (1854-62)
* Vorlesungen über Pathologie, (1862-72)
* Die krankhaften Geschwülste, (1863-67)
* Gegen den Antisemitismus, (1880)

1 comment:

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU