Friday, June 19, 2009

STRUKTUR BLOGGER TEMPLATE CODE

BELAJAR MEMBUAT BLOGGER TEMPLATE 2

Inilah penampakan struktur blogger template, inilah cara paling sederhana untuk melihatnya (sebenernya ribet sih. Hehehe). Banyak template yang struktur kodenya seperti ini. Gambar di bawah ini menunjukkan cara membagi bagian kode menjadi tiga bagian dan memperlihatkan baris atas saja dari setiap bagian sehingga kita bisa melihat dari baris pertama dan selanjutnya.



Bagian 1: Header dari kode. Pada dasarnya bagian ini mengandung informasi penting tentang template kode dan judul dari blog. Tapi, yang terpenting, kita tidak perlu kawatir tentang apapun di bagian ini. Sudah ada header standard untuk semua template. Kita cuma perlu menambahkan beberapa kode saat menyisipkan meta tag (informasi tambahan untuk SEO).

Bagian 2: Ini adalah CSS Styling Section. CSS singkatan dari Cascading Style Sheets, bahasa pemrograman web yang digunakan untuk mengatur style (desain) dari HTML dokumen. Inilah bagian yang harus paling dipahami untuk memodifikasi template kita sekarang atau membuat template baru. Meskipun ini merupakan kode pemrograman web, kita masih bisa melakukan banyak hal pada template kita jika mengerti struktur dari bagian ini tanpa perlu banyak tahu tentang HTML dan CSS. Kita akan membahas bagian ini nanti di tutorial berikutnya.

Bagian 3 : Ini adalah Body (badan) atau data dari kode- bagian paling penting yang mengambil semua content dari blogger database dan meletakkannya di bagian yang benar ke dalam blog ketika seseorang melihat blog kita.Ini juga bagian yang memberitahu blog bagian mana yang muncul duluan- header, sidebar, Main, Post, Footer, dll. Tapi bagian ini tidak mengatur tampilan blog dan bagaimana kelihatannya di internet(karena bagian CSS-lah yang punya peran di sini).

Kita tidak perlu kawatir terlalu banyak tentang bagian ini juga, hanya seperti tahap permulaan. Tapi kita harus tahu sedikit tentang bagian ini jika ingin menambahkan extra widget yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan tombol add page element, seperti tombol social bookmarking-Digg, AddThis, RSS button, atau jika ingin meletakkan adsense kode di tempat special seperti pada bagian post, atau meletakkan google Analitics code untuk menarik visitor ke blog kita, dan lebih banyak lagi. Saat ini sudah banyak instruksi mudah untuk membantu kita menyisipkan semua di atas. Jadi tidak usah terlalu kawatir dengan bagian ini.

Source : ourbloggertemplate

3 comments:

  1. Mau ikutan nebak teka-teki yang kubuat, untuk yang kali ini ada hubungannya dengan Japan, klik aja disini

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas tutorialnya....

    ReplyDelete
  3. makasih atas sharingnya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU