Monday, May 18, 2009

KENAPA HANYA TUMBUHAN DIKOTIL YANG BISA DICANGKOK?



Ini pertanyaan yang ditanyain guru SMAq beberapa tahun yang lalu. Belum nemu jawaban yang pas banget sih, tapi siapa tahu jawaban yang kemarin bisa membantu.

Mencangkok adalah salah satu cara mengembangbiakan tanaman secara vegetatif. Sebenernya cangkok masih sodara sama stek, bedanya, tanaman yang dicangkok baru ditanam di lahan baru setelah tumbuh akar, kalo stek langsung tancap aja. Sifat tanaman hasil cangkok otomatis sama dengan induknya karena tidak ada perubahan struktur gen. Wong dipotong doang, hehehe...

Dalam kenyataannya, hanya tumbuhan dikotil saja yang dapat dicangkok. Kenapa? Alangkah baiknya kita meninjau struktur batangnya (karena batanglah yang dicangkok.

Struktur batang tumbuhan monokotil berbeda dengan susunan batang dikotil. Kita lihat saja pada gambar.

Struktur batang tumbuhan dikotil dan monokotil berbeda, adapun perbedaannya antara lain,
1. Berkas pembuluh pada tumbuhan dikotil teratur. Floem terletak di bagian luar pembuluh dan xylem terdapat di bagian dalam pembuluh, di antara dua bagian ini terdapat kambium yang meripakan jaringan meristematis sekunder. Sedangkan pada tumbuhan monokotil berkas pembuluhnya menyebar. Xylem dan floemnya berdekatan tapi menyebar di seluruh bagian.

2. Batang dikotil memiliki kambium untuk pertumbuhan sekunder (membesar / melebar) sedangkan tumbuhan monokotil tidak.

Dua hal di ataslah yang menyebabkan hanya tumbuhan dikotil yang bisa dicangkok. Mencangkok memerlukan sususnan batang yang teratur. Saat mencangkok jaringan floem dihilangkan agar zat makanan hasil fotosintesis terhenti di daerah pemotongan dan merangsang pertumbuhan akar. Selain itu juga dibutuhkan kambium yang merupakan jaringan meristematis untuk pertumbuhan sekunder.

Cangkok
adalah cara yang cepat dalam memperbanyak tanaman, sifat yang diperolehpun sama seperti induknya. Tapi hati-hati, tanaman yang dicangkok biasanya memiliki perakaran yang lemah.

14 comments:

  1. Kenapa akar tanaman yang dicangkok menjadi akar serabut? sementara akar tanaman induknya itu tunggang? tolong jelaskan,, (klo bisa tolong kirim ke blog sy: blog1ku.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. karena tumbuhan induk berasal dari biji (kecambah) sehingga akar yang terbentuk adalah akar tunggang. sedangkan pada batang cangkokan pertumbuhan akar terjadi di bagian potongan (floem yang terpotong). tumbuhnya akar adalah pada sekitar kayu (mengelilingi), bertujuan menyerap unsur hara dari tanah yang ditempelkan. karena bukan berasal dari kecambah, akar2 tumbuh dengan ukuran yang sama di bagian pemotongan floem. begitulah kira2.

    ReplyDelete
  3. thanks infonya...

    ReplyDelete
  4. Apa yang membedakan struktur vegetatif dikotil dan monokotil., bgtu pun struktur generatifnya.? Tlong pnjelsanx, klo bs krim ke email a_mhiny_cutez@yahoo.co.id
    thx sbelumx..

    ReplyDelete
  5. mengapa ketika kambium dihilangkan akan keluar akar ?
    mengapa air tidak bisa dipegang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akar keluar dr bagian yang ada kambiumnya. waktu kambium kita kerik di bagian bawah, kambium yg ngga dikerik membuat jaringan baru. nah, krn dilapisi tanah, terbentuklah akar

      air ngga bisa dipegang karena ikatan antar molekulnya tidak solid, (sangat dekat dan sangat erat) tapi agak renggang jadi lebih gampang berubah bentuk

      Delete
  6. Apakah akar pada tumbuhan dikotil bisa dicangkok?
    Dan brikan alasannya?..
    Plz tlg jwb y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cangkok kan difungsikan untuk menumbuhkan akar dari batang.. mungkin aja kalau akar dicangkok bisa tumbuh akar, tapi daunnya ada ngga? *Dicoba lebih baik, tp kyny g memenuhi tujuan pencangkokan

      Delete
  7. thanks infony.........

    ReplyDelete
  8. perkembangbiakangeneratif pada tumbuhan terjadi melalui penyerbukan yang menghasilkan ?.....
    tolong beritahu jawabanya.
    terimakasih

    ReplyDelete
  9. bagian apa saja yg hilang ketika pohon itu di cangkok...

    ReplyDelete
  10. tumbuhan apa saja sih yg dapat dicangkok...?

    ReplyDelete
  11. Sistem perakaran pada hasil cangkokan disebut sistem perakaran adventif.. Yaitu sistem perakaran yg mampu tumbuh dbeberapa bagian pada tumbuhan diantaranya adlah batang. Begitu kira kira

    ReplyDelete
  12. masih belum jelas bagi saya, apa sebetulnya yang merangsang pembentukan akarnya? untuk mendapatkan zat hara dan mineral kan xilemnya masih ada.. jadi knapa mesti menumbuhkan akar?

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU