Wednesday, April 29, 2009

WABAH FLU BABI

Sepertinya kasus flu selalu jadi tren. Setelah pendahulunya flu burung, sekarang muncul lagi kasus baru yakni flu babi, mungkin besok-besok bakal bermunculan flu anjing, flu kucing, flu sapi dan lain-lain (semoga aja ngga). Apa sih flu Babi itu sebenernya?
menurut wikipedia,
Flu babi adalah kasus-kasus influensa yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Galur virus flu babi yang telah diisolasi sampai saat ini telah digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A[1]
Babi dapat menampung virus flu yang berasal dari manusia maupun burung, memungkinkan virus tersebut bertukar gen dan menciptakan galur pandemik.

Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia.[2] Gejala virus termasuk demam, disorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, dan kehilangan kesadaran yang berakhir pada kematian[3] Flu babi diketahui disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1[4] H1N2,[4] H3N1,[5] H3N2,[4] and H2N3.[6]

Di Amerika Serikat, hanya subtipe H1N1 lazim ditemukan di populasi babi sebelum tahun 1998. Namun sejak akhir Agusuts 1998, subtipe H3N2 telah diisolasi juga dari babi.


Sampai tanggal 27 April 2009, korban meninggal akibat flu babi mencapai 149 orang, Dari jumlah ini, baru 20 yang telah dikonfirmasi terjangkit virus flu babi. Sedangkan sisanya masih menanti hasil uji laboratorium.

Banyak pihak yang mengkhawatirkan kalo seandainya wabah ini menjadi epidemi global. WHO bahkan meningkatkan status flu babi dari 3 menjadi 4. Bank dunia juga memberikan pinjaman dana sebesar US$ 205 juta dolar kepada Meksiko untuk menangani masalah ini.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU