Thursday, April 16, 2009

E-dukasi.net, Belajar Lebih Mudah dan Menyenangkan


Ada yang sudah pernah berkunjung ke edukasi.net? O'chan menemukan portal ini pertama kali saat mencari informasi tentang protozoa. O'chan tidak cuma menemukan info tentang protozoa, di sini memuat hampir keseluruhan info tentang materi-materi SMP, SMA, dan SMK. Di sini kita bisa merasakan belajar interaktif secara gratis. Modul-modulnya berisikan materi yang singkat dan padat tapi cukup lengkap dan langsung ke sasaran. Selain itu dilengkapi dengan latihan soal serta uji kemampuan. Menurut O'chan sendiri, website ini cukup lengkap dan bisa dijadikan penunjang dalam belajar. terutama untuk adik-adik yang masih duduk di bangku SMP dan SMA.

Untuk informasi lebih lengkapnya tentang edukasi.net O'chan ambil penggalan infonya di web itu sendiri.
EdukasiNet merupakan portal bahan belajar dan jaringan komunitas sekolah yang dibina dan dikembangkan oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi (Pustekkom) Depdiknas. Situs ini bermula dari serangkaian penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh tim Pustekkom, antara lain;

* Tahun 2000 Pustekkom mengembangkan situs informasi pendidikan yang disebut layanan informasi pendidikan disingkat LIPNAS.
* Sejak 1998- sekarang, Pustekkom telah mengembangkan bahan belajar berbantuan computer dalam bentuk CD interaktif untuk SMA dan SMK. Sofware ini telah beberapa kali diujicobakan kepada murid dan guru di sejumlah sekolah dan telah mendapatkan tanggapan yang positif. Secara umum responden mengharapkan agar bahan belajar dalam format CD interaktif terus dikembangkan.
* Antara tahun 2001-2003, Pustekkom telah menyelenggarakan serangkaian seminar dan lokakarya tentang pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk pendidikan baik di Jakarta maupun di luar Jakarta.
* Sebagai tindak lanjut dari seminar dan lokakarya tersebut, telah dikembangkan situs EdukasiNet yang untuk sementara berisi bahan belajar on line bagi siswa SMA.
* Pada tahun 2003 dilaksanakan analisis kebutuhan dalam bentuk FGD (focused-discussion group) dengan menghadirkan para pakar dan praktisi Teknologi Informasi dan Teknologi Pendidikan. FGD merekomendasikan pengembangan situs eduksinet menjadi fasilitator jaringan kerjasama antar sekolah dalam pemanfaatan bahan belajar, maka lahirlah konsep jaringwiyata (wiyata=pendidikan).
* Studi kelayakan pengembangan EdukasiNet pada beberapa propinsi di Indonesia, yaitu antara lain NAD, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur. Studi ini merekomendasikan bahwa sekolah-sekolah tertentu, khususnya di perkotaan baik negeri maupun swasta telah siap dan merasakan adanya kebutuhan pemanfaatan internet dalam proses belajar mengajar.
* Tahun 2004 dilakukan penyempurnaan content management system EdukasiNet dan Jaringwiyata.

Harapan ke depan EdukasiNet akan menjadi bagian yang integral dalam proses belajar mengajar dan terintegrasi dengan media lainnya seperti televisi edukasi, CD interaktif, baik dalam proses belajar mengajar di kelas maupun sebagai penunjang pusat sumber belajar di sekolah.


Lalu apa aja isi edukasi.net? Lihat aja penjelasan di bawah ini.
SUMBER BAHAN BELAJAR
1 Bahan Belajar Online, yang dapat disebut Materi Pokok bagi Siswa dan Guru Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai langkah awal. Pada tahap selanjutnya akan dikembangkan Materi Bahan Belajar untuk tingkat Sekolah Lanjutan Pertama, dan Sekolah Dasar.
2 Modul Online untuk Siswa dan Guru SMA dan SMP Terbuka. Modul yang ada di EdukasiNet adalah modul digital, sehingga Siswa atau Guru SMA dan SMP Terbuka dapat mengambil/mencetak modul sesuai dengan kebutuhannya.
3 Pengetahuan Populer, pengetahuan yang dikemas dengan gaya yang lebih memasyarakat. Topik yang disajikan dianggap topik-topik yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat umum. Topik-topik tersebut terhimpun dalam rubrik. Rubrik bahasan Pengetahuan Populer pada langkah awal terdiri dari empat rubrik yakni Fotografi, Elektronika, Otomotif dan Teknologi Informasi. Rubrik dapat dikembangkan lagi bila minat masyarakat besar terhadap program ini tinggi, misalnya Rubrik Komputer, Kesehatan, atau rubrik lainnya yang diminati oleh user. Untuk mengetahui minat ini pengelola membuat penjaringan data dengan melakukan survai dalam bentuk polling.
4 Uji Kemampuan, dimana pada bagian ini EdukasiNet menyediakan uji kemampuan siswa/users terhadap materi tertentu sesuai dengan kurikulum. Uji Kemampuan dapat diakses secara online, pendekatan dengan strategi ini memberi keleluasaan kepada User untuk melakukan uji kemampuannya sesuai dengan kemampuan akses pada konten uji kemampuan.
5 Karyanda, salah satu bagian dari materi bahan belajar yang bersumber dari para pengguna EdukasiNet berupa materi-materi pembelajaran dengan topik-topik tertentu.

INTERAKSI KOMUNITAS
Layanan komunitas ini dapat digunakan oleh siswa maupun guru sehingga diantara mereka terdapat interaktivitas antara lain:
1 Forum Diskusi, Interaksi didalam forum ini difasilitasi untuk user sehingga didalamnya terdapat diskusi antar siswa seperti tukar menukar informasi seputar masalah pelajaran atau lainnya.
2 Chatting, Interaksi yang diberikan dapat secara real time maupun tidak, seperti chatting, diskusi antar mereka akan lebih dinamis dan terjadi interaksi secara langsung.
3 Profil Sekolah, merupakan informasi umum mengenai suatu sekolah yang merupakan anggota atau user dari EdukasiNet. Informasi ini tersimpan dalam aplikasi dan server EdukasiNet dan dapat diisi atau diedit oleh Sekolah yang menjadi user (ditunjuk oleh Pengelola) EdukasiNet tersebut. Pihak sekolah akan disediakan template tertentu dan seragam perihal informasi umum yang akan ditampilkan dalam EdukasiNet tersebut.
4 Telekolaborasi, merupakan media interaksi untuk saling kerjasama secara online membahas dan memecahkan suatu masalah dari topik tertentu dengan difasilitasi seorang moderator sebagai inisiator masalah. Fitur ini merupakan pengembangan layanan forum diskusi dan chating dengan disediakan fasilitas uplod file sebagai bahan penyerta diskusi

INFO
1 Artikel, merupakan layanan yang dapat dibaca dan didownload oleh pengguna secara bebas. Artikel didapat dari berbagai sumber termasuk user EdukasiNet dimana aturan dan batasan penulisannya diatur oleh pengelola EdukasiNet sehingga konten dapat dipertanggungjawabkan.
2 News, merupakan berita yang diposting dari Pengelola, dan dari Sekolah dengan melalui prosedur seleksi dari pengelola guna kelayakan publikasi dalam EdukasiNet.
3 Kalender Kegiatan (Event), Informasi kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengelola, ataupun oleh komunitas khususnya Sekolah.

KONTAK KAMI
1 Form kontak kami, layanan yang memberikan kemudahan user memberikan masukan baik kritik dan saran kepada pengelola EdukasNet dimana respon yang diberikan akan dikirim melalui email
2 Kontak kami, layanan dengan media chating dengan Yahoo Messenger, semua pertanyaan dan keluhan akan dijawab secara cepat.

TVE
Layanan online untuk menunjang program siaran Televisi Edukasi (TVE), yang meliputi :
1 Jadwal TVE, jadwal siaran yang berlaku untuk satu bulan siaran TVE
2 Seting Siaran TVE, berisi informasi pengaturan dekoder parabola untuk dapat menerima siaran TVE
3 Kotak Saran, formulir online untuk memberikan masukan baik kritik dan saran bagi penyelenggara siaran TVE
4 VOD (Video On Demand), berisi materi siaran TVE yang dapat diakses secara online dimana user dapat memilih berbagai judul dari video yang pernah dan akan disiarkan oleh TVe.

FITUR PENUNJANG
1 Polling, fasilitas ini diberikan untuk memberikan masukan kepada pengelola EdukasiNet perihal aplikasi, fitur dan pengelolaan yang digunakan sebagai basis pengembangan lanjutan dari pelayanan EdukasiNet. User dapat memberikan apresiasinya terhadap polling yang diadakan pada saat-saat tertentu.
2 FAQ, himpunan pertanyaan dan jaawbannya yang sering dipertanyakan oleh user sehubungan dengan pengelolaan EdukasiNet. Materi FAQ secara priodik selalu berubah sesuai dengan perkembangan dari aplikasi.
3 Search Engine, layanan untuk kemudahan user untuk mencari sesuatu artikel, berita, atau konten yang ada di EdukasiNet, penulusuran bersifat lokal pada situs EdukasiNet.
4 Download, layanan bagi user untuk mendownload materi yang diinginkannya dari EdukasiNet. Ketentuan dari jenis materi yang dapat didownload merupakan otoritas dari pengelola dan hanya user yang terdaftar yang diperbolehkan untuk mendownload materi tersebut.
5 Registrasi, merupakan form yang disediakan bagi user untuk mendaftarkan diri dalam komunitas EdukasiNet dan terdaftar (registered user) secara administratif dalam database EdukasiNet. User terdaftar akan memiliki keuntungan tertentu dalam memperoleh berbagai layanan dalam EdukasiNet. Form Registrasi akan merupakan identitas diri dari user tersebut, bersifat rahasia dan tidak akan dibuka untuk umum.
6 Profil EdukasiNet, merupakan bagian informasi yang mendeskripsikan secara umum aplikasi EdukasiNet, manfaat yang bisa diperoleh user melalui EdukasiNet, tujuan dikembangkannya EdukasiNet dan penyelenggara dari EdukasiNet tersebut.
7 Webstat, merupakan gambaran statistik perihal jumlah user (siswa, guru, sekolah), konten yang terkandung dalam EdukasiNet.
8 Peta Situs, peta situs EdukasiNet yang menyediakan link ke berbagai layanan yang disediakan bagi user EdukasiNet agar lebih mudah mengakses informasi yang dibutuhkan secara langsung.
9 MMI (Multimedia Interaktif), berisi katalog berbagai judul multimedia interaktif yang telah diproduksi Pustekkom.

Tapi sayangnya, materi di web ini ngga bisa di-copas seenaknya karena menggunakan web berbasis flash. untuk mendownload materi perlu mendaftar (pendaftarannya gratis kog) dan ga da file pdf, word, ato powerpoint, melainkan file flash. Jadi siapkan adobe flash playernya dulu ya...
yuck kita lihat wesitenya di sini

15 comments:

  1. i love this blog, emang gak dipasang shoutmix yach?

    ReplyDelete
  2. cara chit di e-dukasi.net mohn di konfirmasi gant......

    ReplyDelete
  3. ko saiia buka e-dukasi.net error mulu iy??

    ReplyDelete
  4. iaah niii eror mulu knp ya..?

    ReplyDelete
  5. heheh, iya bener. Udah gak bisa di buka

    ReplyDelete
  6. TVE, saya kepinginnn banget ikut si cerdik. namun setiap saya daftar, pasti tdk bisa terus dan sering eror. tolong dong bantu saya tuk daftar. sblm n sesudahnya trimakasih....

    ReplyDelete
  7. sebel bisa latihan soal cuma sekali sesudah itu gak mau dibuka lagi ..... sebel - sebel - sebel !

    ReplyDelete
  8. Knpa susah bnget buat buka'y ????

    Kasihin cara'y donkkkk??????

    ReplyDelete
  9. sebenarnya udah lama ngga buka web ntu.... kayanya mank sering kaya gt akhir2 nie... malahan smpt hilang...

    ReplyDelete
  10. cara membuat website seperti itu pegimana yah, apakah ada scriptnya
    atau dengan cara format cms sperti joomla bisa gak yah..
    contohnya yang mirip e-dukasi.net adalah http://psb.sman82-jakarta.sch.id

    ReplyDelete
  11. iyaaaaaaaaaaa gimana doong gue galauu abis nih garagara gak ada e-dukasi.net

    ReplyDelete
  12. e-dukasi.net telah bangkrut...
    informasi saja yang ingin mencari bimbingan privat online bisa kunjungi http://www.bimbelonlineindonesia.net/
    :-)

    ReplyDelete

jangan lupa kasi komentar. oiya, kalau ada request tentang artikel dll, komen ajah ya... mau tanya PR juga boleh, terutama al biologi. nanti diusahakan buat dibikinin artikelnya... ok, tengkyu dah mw baca!!! jangan lupa like page-nya n follow d fb yah,,,

dapatkan info kamus pengetahuan langsung dari email anda

TULISAN TERBARU